UI Terbaik, ITB Peringkat Dua dan UGM Menyusul

PATUT BERBANGGA punya anak kuliah di kampus beken sekelas Universitas Indonesia (UI) yang berada di dua lokasi yakni Depok Jawa Barat dan kawasan Jalan Salemba Raya Jakarta Pusat. Begitu pula orang tua yang memiliki anak atau adik yang bisa melanjutkan kuliah di Institut Tekhnologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.  Pasalnya, ketiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu memiliki pangsa pasar kerja yang luas, dan mutu yang lebih baik jika dibanding dengan lulusan PTN lainnya di Indonesia.

APALAGI PTN itu mampu bersaing dengan perguruan tinggi di luar negeri, meski peringkatnya jauh. Terlihat Sembilan Universitas di Indonesia masuk dalam urutan rangking kampus dunia. Universitas Indonesia (UI) berada di nomor urut 1 untuk peringkat di Indonesia dan nomor urut 277 peringkat dunia.

Setelah UI, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat 2 dan Universitas Gadjah Mada (UGM) peringkat 3 untuk level Indonesia. Di level dunia, ITB berada pada peringkat 331, naik dari peringkat sebelumnya yakni di level 401-410. Sedangkan UGM berada di urutan 401-410, naik dari peringkat sebelumnya di urutan 501-550.

Pemeringkatan dilakukan oleh Quacquarelly Symonds (QS) World University Ranking tahun 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia. Pengumuman pemeringkatan itu dirilis Kamis, 8 Juni 2017  di www.topuniversities.com.QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Enam universitas di Indonesia lainnya yang masuk peringkat QS University Ranking adalah: Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Brawijaya.

Dalam siaran pers UI menyebut bahwa pemeringkatan ini menjadi bukti bahwa pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui dunia dan mampu bersaing dengan pergurun tinggi lainnya dari negara di Asia, Australia, dan Eropa.“Kami bangga bahwa UI telah berhasil masuk ke dalam 300 besar perguruan tinggi terbaik di dalam peta pendidikan dunia internasional,” ujar Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis. “Pemeringkatan ini menegaskan kembali akan expertise UI sebagai universitas terbaik bangsa pada bidang Sosial Humaniora, Kesehatan dan Sains Teknologi,” imbuhnya.

Senada dengan UI, UGM juga turut bangga dengan prestasi ini. UGM semakin mantap menuju perguruan tinggi berkelas dunia. “Tahun ini sebenarnya UGM ditargetkan oleh Kemenristek Dikti untuk masuk ke 500 besar dunia. Jadi, dengan naik ke 402, UGM sebenarnya sudah melampaui target,” ujar Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof Indra Wijaya Kusuma, dalam siaran pers seperti dikutip jejakrekam.com

Pemeringkatan perguruan tinggi secara internasional ini menjadi salah satu bentuk pengakuan dunia internasional atas kualitas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi yang dapat meningkatkan reputasi dan peran Perguruan Tinggi dalam pengembangan IPTEKS.“Prestasi ini sukses diraih berkat kerja keras seluruh sivitas akademika UGM dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Selamat untuk seluruh sivitas akademika UGM,” ujar Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof Indra Wijaya Kusuma.

Muhammad Anis mengaku bangga UI tidak hanya berhasil masuk ke 500 universitas terbaik dunia, namun 300 besar perguruan tinggi terbaik dalam peta pendidikan dunia internasional.  “Pemeringkatan ini menegaskan kembali keunggulan UI sebagai universitas terbaik bangsa pada bidang sosio humaniora, kesehatan, dan sains teknologi,” kata Anis, yang dikutip jejakrekam.com

Iklan Samping 300×250

Berdasarkan perhitungan tim QS University Ranking tahun ini, UI mengalami peningkatan signifikan pada indikator performa international faculty, yang ditandai dengan keberadaan jumlah dosen dan peneliti asing di UI. Pada 2017, Anis menyatakan, UI masih tetap menggencarkan aktivitas konferensi internasional untuk memacu budaya riset, inovasi, dan meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah internasional. UI juga bertekad meningkatkan mutu pengajaran, pengabdian masyarakat, serta penelitian mutakhir untuk menghasilkan lulusan unggul.

QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan Kemenristekdikti untuk mengukur kualitas lembaga perguruan tinggi menuju world class university. QS World University Ranking 2017/2018 melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir berharap ada lima perguruan tinggi di Indonesia yang masuk 500 besar dunia tahun depan. Nasir meminta para pimpinan perguruan tinggi untuk melakukan terobosan-terobosan yang dapat mempercepat peningkatan kualitas perguruan tinggi. (jejakrekam)

 

Berikut 9 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia :

  1. Universitas Indonesia
  2. ITB
  3. UGM
  4. Universitas Airlangga
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  6. Universitas Diponegoro
  7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
  9. Universitas Brawijaya.

 

Penulis : Tim Educations

Editor  :  Afdi Achmad

Foto     :  Arsitek

 

Anda mungkin juga berminat
Loading...

UI Terbaik, ITB Peringkat Dua dan UGM Menyusul