Dirgahayu

Presiden Minta Tuntaskan Sertifikat Tanah di Kalsel

SECARA khusus Presiden RI, Joko Widodo meminta Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk menuntaskan program sertifikat tanah  diwilayah ini guna memudahkan masyarakat dalam memanfaatkannya. Sebab dengan dimilikinya sertifikat tersebut, selain memberikan kekuatan secara hukum, juga bisa dimanfaatkan sebagai agunan untuk membuka usaha bagi pemiliknya.

“SAYA minta menteri dan BPN wilayah untuk menuntaskan program sertifikat ini,” ujar Presiden Jokowi, saat memberi arahan, sebelum penyerahan sertifikat tanah di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Jumat (15/9/2017) petang tadi.

Dia menyebutkan, perkiraan bidang tanah di Kalsel sebanyak 2.030.615 buah. Sedang jumlah bidang tanah terdaftar sebanyak 771.171 bidang atau 37,97 persen. Sedangkan, jumlah bidang tanah yang belum terdaftar hingga saat ini masih sebanyak 1.259.444 bidang atau  62,02 persen.

Di hadapan yang hadir d iantaranya Menteri ATR, Sofyan Jalil, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Kepala BPN Kalsel, serta pejabat lainnya petang itu,  Presiden Jokowi kembali mengingatkan agar jumlah yang masih tersisa tersebut wajib diupayakan penuntasanya hingga target yang ditentukan.

Pada kesempatan itu pula, Presiden RI ke 7 itu secara langsung menyerahkan 2.500 bidang sertifikat  tanah kepada 2.000 masyarakat dari lima kabupaten/kota se Kalsel, yaitu  Kota Banjarmasin 1000 sertifikat, Kabupaten Banjar 500, Tanah Laut 200, Barito Kuala 500, Banjarbaru 300 sertifikat.

Sementara, Kepala BPN Wilayah Kalsel, Hikmat Ginanjar  dikonfrontir, menyatakan upaya keras untuk menjalankan perintah Presiden RI dalam penuntasan target 138.000 sertifikat tanah di Kalsel hingga 2017 ini. Pihaknya, sebut dia, akan melakukan akselerasi kepada seluruh kantor di kabupaten kota, termasuk mengupayakan penyediaan alat ukur tanah sebagai penunjang. “ Kita akan tuntaskan sampai titik penghabisan,” sebut Hikmat.

Di tempat yang sama,  Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang juga hadir dan memberi sambutan mengaku sangat mengapresiasi tinggi dan berterima kasih sekali atas apa yang telah diberikan presiden RI bagi masyarakat Kalsel. “ Saya baik sebagai pimpinan daerah dan atas nama masyarakat Kalsel mengucapkan terima kasih atas  penyerahan sertifikat tanah ini,” ujarnya saat itu.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo, pada Jumat (15/9) sekitar pukul 10.30 memulai lawatan kerja ke kota Banjarmasin Provinsi Kalsel ini di itik pertama kegiatan yaitu, di Halaman Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, kemudian, meninjau Pasar Baru, dan kembali Ke Mesjid Sabilal Muhtadin untuk shalat Jumat, seterusnya makan siang di Rumah makan Sari Patin dan melanjutkan kegiatan di gedung Sultan Suriansyah serta Balai Kota Banjarmasin, hingga kembali menuju bandara Syamsudin Noor. (jejakrekam)

Penulis   :Igam

Editor    : Fahriza

Poto      : Ipik GM