Wakil Gubernur Buka Musda XIV HIPMI Kalsel

0

KETUA Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia berharap ada upaya yang konsisten dari Pemerintah Daerah (Pemda) dalam ikut mendorong lebih banyak pengusaha muda lahir di Kalsel kedepannya.
Hal tersebut diungkapkannya saat membuka kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) XIV HIPMI Kalsel, Kamis (07/09/2017) di Hotel Rattan In Banjarmasin.
“Untuk bisa mendorong ekonomi di Indonesia tumbuh sesuai harapan, tentunya harus ditopang dengan lebih banyak pengusaha di sektor mikro. Nah cikal bakal pengusaha mikro adalah para pengusaha muda,” kata Bahlil.
Sejauh ini dipaparkannya, di Indonesia secara kuantitas pengusahanya hanya berjumlah kurang lebih sekitar 1,5 persen saja dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 Juta.
“Idealnya kalau ekonomi mau maju Indonesia perlu setidaknya 2 persen penduduknya menjadi pengusaha. Bahkan kalau standar bank dunia itu sekitar 4 persen malah,” tuturnya.
Karena masih belum sesuai target inilah tentunya perlu didukung oleh Pemda terkait dalam mendorong lebih banyak terciptanya pengusaha muda, sebab jika hanya HIPMI saja tentunya sulit untuk diwujudkan.
“HIPMI Pusat sudah berupaya banyak mendorong segala kebijakan agar lebih pro kepada pengusaha mikro, mulai dari penurunan suku bunga kredit untuk UMKM sampai 9 persen, hingga turunnya Peraturan Presiden yang mendorong proyek pemerintah dibawah 50 Miliar dapat digarap oleh pengusaha lokal, itu semua adalah hasil loby kami semua. Nah tinggal bagaimana di daerah saja lagi agar mendorong lebih banyak pemuda tertarik menekuni bidang usaha,” tegasnya.
Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan mengaku pihaknya kini sudah secara konsisten ikut berkontribusi dalam mendorong pengusaha mikro dapat berkembang melalui kebijakan yang dilakukan oleh dinas terkait.
Baik itu mulai dari pembinaan usaha berkelanjutan, kesempatan mengikuti berbagai pameran bertarap nasional bagi UMKM yang produknya dianggap potensial, sampai mendorong agar Bank Kalsel lebih memperhatikan UMKM dalam penyaluran kreditnya adalah beberapa kebijakan yang sudah dilaksanakan.
“Kami tentunya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan HIPMI di Kalsel sampai saat ini dalam mendorong hadirnya banyak pengusaha muda di Banua. Kedepan kami ingin lebih bersinergi lagi dengan HIPMI agar geliat ekonomi mikro di Banua bisa semakin baik,” kata Rudy yang sekaligus membuka secara resmi Musda XIV Hipmi Kalsel.
Sementara itu, Ketua BPD HIPMI Kalsel Gusti Ervin Wardhana menambahkan, dalam agenda Musda, selain akan dibahas terkait program strategis selama tiga tahun mendatang, dalam even ini juga akan dipilih Ketua Umum Hipmi Kalsel Periode 2017-2020.
Adapun calon Ketua HIPMI Kalsel sendiri adalah Rikval Fahruri dan Laitina Surya yang akan memperebutkan 53 suara yang berasal dari Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI se Kalsel.
“Siapa pun yang terpilih nanti, saya berharap HIPMI Kalsel bisa konsisten,” katanya. (jejakrekam)

Penulis : Sira
Editor : Afdi Achmad
Foto : Iman S

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.