Ruang Kantor SDN Ambruk

0

MESKI baru dibangun 2015 lalu, ruang guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Papuyuan Desa Trans Lajar Papuyuan Kecamatan Lampihong, Selasa (05/09/2017) sekitar pukul 12.10 Wita, tiba-tiba ambruk.

Dari pantauan wartawan di lapangan, semua tongkat penyangga bangunan berbentuk panggung ini patah karena tidak kuat menahan beban,  otomatis bangunan ambruk hingga terendam air.

Beruntung meski musibah ini terjadi pada jam sekolah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Salah seorang warga sekitar, Aud Suparna mengungkapkan, saat kejadian ruang guru dalam kondisi tidak banyak orang, hanya ada satu guru di dalamnya.

“Ambruk bangunan kantor SD sudah diprediksi sebelumnya, karena ini bisa dilihat dari tongkat bangunan yang kecil,” ungkapnya.

Menurut dia, kemungkinan besar abruknya ruangan kantor guru sekolah ini karena pembangunannya asal-asalan tidak melihat kondisi di lapangan.

“Sudah tahu dibangun di atas lahan rawa dan bangunan cukup luas, masa tongkatnya dibuat kecil,” ungkapnya.

Sedangkan salah satu guru SDN Papuyuan Desa Trans Lajar Papuyuan, Aida Fitriani yang berada diruangan guru saat terjadi abruknya bangunan tersebut langsung berlari keluar ruangan.

“Saudari Aida Fitriani sedang menulis dalam ruangan sendirian dan langsung lari keluar sesaat sebelum bangunan ambruk, karena mendengar suara bangunan yang mau ambruk,” ujar Danramil Lampihong Kapten Infantri Sahlan disela melakukan evakuasi peralatan diruangan kantor sekolah yang ambruk.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan Sulaiman Kurdi saat dikonfirmasi, membenarkan jika ruangan guru di SDN Papuyuan Desa Trans Lajar Papuyuan ambruk.

“Saya sudah kirim staf kesana untuk memeriksanya. Perbaikan ruangan guru ini padahal sudah kita anggarkan karena kondisi memang sudah miring, tapi ternyata roboh duluan” jelasnya.

Terkait dugaan pembangunannya yang asal-asalanya, dirinya tidak menjawab dengan alasan saat pembangunan dirinya masih belum menjabat kepala dinas pendidikan.

“Saat pembangunannya belum menjabat, makanya tidak tahu bagaimana kondisinya. Tapi kami akan lakukan rehab sementara untuk bangunan yang ambruk ini,” pungkasnya. (jejakrekam)

 

Penulis           : Sugi

Editor             : Agus Salim

Foto               : Sugi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.