Kemenkumham Komitmen Jaga Ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan

0

KEMENTERIAN Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan terus berkomitmen dalam menjaga ketertiban dan keamanan Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara pada 17 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Kalsel.
Melalui Instruksi Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Imam Suyudi untuk menindaklanjuti arahan yang disampaikan Inspektur Wilayah II Inspektorat Jenderal Kemenkumham R.I Nugroho.
“Dengan kesiagapan dalam setiap serah terima regu pengamanan, diharapkan jajaran pemgamanan melaksanakan tugas dengan tertib dan bertanggung jawab dan untuk dilaksanakan dengan berkesinambungan agar menjadi pembiasaan dan menjadi sistem yang kuat dalam pengamanan,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Imam Suyudi.Senin (04/09) Pagi, saat memantau laporan yang diterima langsung melalui aplikasi WhatsApp jejakrekam.com Senin (04/09/2017)
Kepala Divisi Pemasyarkatan, Anas Saeful Anwar menambahkan, untuk membentuk disiplin petugas dengan poin pentingnya yaitu anggota regu yang diganti tetap standby pada pos jaganya masing-masing atau serah terimanya di tempat pos masing-masing yang mewakili regu jaga yang diganti hanya komandan, wakil komandan, perwakilan P2U dan regu pengganti harus full team.
Sebagai standar operasional prosedur (SOP) pada UPT Pemasyarakatan dilakukan apel serah terima regu jaga dan briefing sebagai ‘Back to basic’ Regu yang diganti untuk tidak meninggalkan pos jaganya dan Regu yang digantikan hanya Komandan jaga serta perwakilan Penjaga Pintu Utama (P2U) sesuai dengan SOP yang ada sebagaimana arahan Menteri Hukum dan HAM R.I, Yasonna H Laoly, menyampaikan tantangan yang harus dan sedang dihadapi Kemenkumham memiliki intensitas yang tinggi. Prasarana yang terbatas, blok hunian yang terbatas sedangkan kriminalitas semakin meningkat, maka diperlukan kepiawaian, profesionalitas serta pendidikan dan pelatihan dari segala unsur yang berkaitan dengan pengamanan Lapas. (jejakrekam)

Penulis : Asyikin
Editor : Afdi Achmad
Foto : Istimewa

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.