Allahu Akbar, Walillahil Hamd, Arafah “Hujan” Air Mata Jamaah Haji

0

JUTAAN umat Islam dunia berkumpul di Arafah untuk menunaikan ibadah wukuf, sebagai puncak ibadah haji pada 9 Zulhijjah 1438 H, bertepatan Kamis, 31 Agustus 2017, Waktu Saudi Arabia, menjadikan Arafah sebagai lautan manusia yang mengenakan pakaian ihram serba putih.
Jemaah dunia, termasuk Indonesia, sejak Rabu (30/08/2017) sudah bergerak ke Arafah. Mereka berkumpul dan menyatu sesama muslim dunia. Tunduk dan sujud dalam satu kalimat, Allahu Akbar. Doa dan kalimat thoybah bergema dari tenda ke tenda.
Dikutip dari laman Arabnews.com, lebih dari lima juta jemaah, dari hampir setiap negara telah tiba untuk menunaikan ibadah haji, yang merupakan satu kewajiban umat Islam yang mampu untuk sekali seumur hidup.
Jemaah datang ke Arafah, ada yang datang jalan kaki. Ada pula naik bus dan mobil bak terbuka. Praktis suasana jalanan menuju Arafah, Mekkah, Mina dan Muzdalifah dipadati jutaan manusia. Polisi Saudi sibuk mengatur dan mengurai lalulintas. Ditambah dengan hilir-mudiknya ambulan untuk membawa jemaah sakit dan meninggal dunia.
“Kami bertemu orang-orang dari setiap negara dan setiap negara. Ada semacam persatuan, “katanya. “Saya harap ini akan mengisi kembali iman dan spiritualitas umat Islam. Saya moohon kepada Allah untuk memberi saya dan semua pengampunan umat Islam,” sebagaimana dilansir Arabnews.com.
Sementara itu, tenda-tenda di Arafah yang sudah disiapkan telah dihuni jemaah sesuai kelompok terbang berdasar pengaturan oleh petugas. Di tenda ini, jemaah memanfaatkan waktunya untuk berdiam, banyak berzikir, doa, baca Al Qur`an dan mendengarkan khutbah Wukuf.
Suasana khusuk dan khidmat menyelimuti suasana Wukuf di Arafah. Boleh dikata, jemaah haji banjir air mata. Saling berangkulan antar sesama jemaah. Betapa besarnya Keagungan Allah SWT.
Di Arafah, jemaah akan merasakan bahwa perbedaan manusia itu hanya iman dan taqwanya. Tidak mengenal orang kaya-orang miskin, sang jenderal atau rakyat jelata, semuanya sama dan bersimpuh memenuhi panggilan Ilahi Robb.
Betapa banyak dosa-dosa yang diperbuat selama ini. Jauh dari keluarga atau orang terkasihi, namun pada bagian lain sungguh mengharukan, bahwa solidaritas umat Islam dunia terbangun dalam ibadah haji. Allahu Akbar, Walillahil Hamd. (jejakrekam)

Penulis : arabnews
Editor : Afdi Achmad
Foto : Istimewa

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.