Gangguan Transmisi, Bikin Padam Listrik Wilayah Kalselteng

0

GANGGUAN jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kilo Volt (KV) yang terjadi di jalur antara Gardu Induk (GI) Barikin dan GI Rantau menyebabkan padamnya suplai listrik di beberapa wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
Manajer Transmisi dan Distribusi PLN Kalselteng, Hery Santoso menjelaskan bahwa gangguan tersebut terjadi pada Kamis (31/08/2017) pukul 14.31 Wita. Akibatnya, suplai daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMg) Bangkanai sebesar 140 Mega Watt (MW) tidak dapat tersalurkan.
Kehilangan daya sebesar 140 MW menyebabkan frekuensi tegangan pada sistem Kelistrikan Kalselteng menjadi drop, sehingga beberapa pembangkit besar mendadak berhenti beroperasi.
“Turunnya tegangan secara drastis berdampak terhadap operasi pembangkit lainnya. Karena tegangan yang terlampau rendah, pembangkit lainnya termasuk PLTU Asam-Asam, PLTU Pulang Pisau mendadak trip (berhenti beroperasi),” ujar Hery.
Menurut Hery, saat ini PLN masih berupaya keras untuk memulihkan sistem Kelistrikan Kalselteng. Secara bertahap masing-masing Gardu Induk mulai dioperasikan. Selanjutnya secara bertahap pembangkit-pembangkit akan mulai dioperasikan untuk kemudian sinkron ke sistem kelistrikan.
“Untuk memastikan parameter keamanan, kami memerlukan waktu memulihkan sistem kelistrikan secara bertahap. Saat ini (pukul 19.30 Wita) contohnya pemulihan suplai daya dari PLTMG Bangkanai sudah berhasil kami lakukan, selanjutnya secara bertahap kami melakukan start up PLTU Asam-Asam dan Insyaallah akan kembali beroperasi pukul 22.00 Wita,” ujarnya.
Hery menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tidak terduga ini, dan dirinya berharap masyarakat dapat bersabar dan berdoa agar proses pemulihan sistem kelistrikan yang saat ini sedang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.(jejakrekam)

Penulis : Sirajuddin
Editor : Afdi Achmad
Foto : Net

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.