UMKM Diharapkan Perkuat Sektor Ekonomi

0

PERINGATAN Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 tahun 2017 tingkat Kabupaten Balangan dilaksanakan, Rabu (30/8/2017) di halaman kantor Dinas Koperasi dan UMK setempat.
Selain menampilkan pameran produk UMKM unggulan, acara peringatan Harkopnas yang dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin ini juga diisi pemberian perhargaan kepada koperasi berprestasi dan kerjasama Pemkab Balangan  dengan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel terkait Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).
Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin mengharapkan keberadaan koperasi menjadi badan multi-usaha dan beromset miliaran, sehingga nantinya tidak lagi masuk kategori mikro atau kecil.
Sektor UMKM sendiri, kata bupati, saat menjadi yang terbesar dalam aspek jumlah unit usaha di Bumi Sanggam. Artinya, sektor ini memang memiliki potensi besar tersendiri untuk menjadi saka guru perekonomian.
“Guna mendukung UMKM inilah peran dinas koperasi melalui SKIP bisa terwujud,” bebernya.
SIKP sendiri merupakan suatu sistem aplikasi yang dibangun untuk mempermudah pelaksanaan Kredit Program khususnya Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Dimana tujuan SIKP adalah menjadi basis data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terpercaya dan dapat dijadikan rujukan bagi Bank untuk penyaluran kredit yang efektif. “mari kita bangun ekonomi andal lewat koperasi dan UMKM yang tangguh,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis : Sugi
Editor : Agus Salim
Foto : Sugi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.