Sejumlah Tempat Dicurigai Sebagai Lokasi Pungli

0

DALAM rangka analisa dan evaluasi pelaksanaan kegiatan unit pemberantasan pungutan liar, tim satuan tugas (Satgas) sapu bersih (Saber)  pungutan liar menggelar rapat koordinasi di Gedung Abdi Persada Pemprov Kalsel di Banjarmasin, Rabu (30/8).

“Satgas saber pungli Kalsel bekerja untuk mencegah dan menindak aktivitas pungli di lembaga atau tempat lain yang mengganggu aktivitas dan kenyamanan masyarakat, seperti yang dialami sopir truk dan masyarakat kecil lainnya,” kata Ketua Tim Saber Pungli, Kombes Pol Drs Djoko PoerboHadijojo.

Menurut dia, aktivitas pungutan liar yang nyata-nyata merugikan masyarakat dan mengganggu ekonomi nasional ini harus dapat di sapu bersih sampai ke akar-akarnya. “Satgas Saber Pungli Kalsel ingin menghabiskan ini semua,” tegasnya.

Irwasda Polda Kalsel ini pun menambahkan pihaknya juga telah ‎menginventarisasi lokasi  yang dicurigai sebagai tempat praktik pungli dan selalu melakukan pengawasan dan penindakan secara maksimal. “Inventarisasi lokasi pungli dilakukan sebagai langkah tim untuk bertindak dan mengetahui hasilnya,” jelasnya.

Dalam rakor ini, Kombes Pol Drs Djoko PoerboHadijojo berharap agar semua pihak dapat menyamakan persepsi tentang pungli agar tidak berbeda pendapat tentang pungli. Sebab,  satgas saber pungli harus memahami apa yang dimaksud pungli itu sendiri

“Setiap laporan yang masuk akan segera di proses dan ditindak lanjuti dan seberapa cepat laporan dilaksanakan.  Sebelum dan sesudah melakukan tindakan operasi tangkap tangan untuk segera dilaporkan kepada Inspektur atau Irwasda,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, peran media dapat dimaksimalkan untuk melakukan sosialisasi mengenai pungli.  “Tim ini harus betul-betul serius dalam pemberantasan pungutan liar,” ucapnya.(jejakrekam)

 

Penulis      :Asikin

Editor        :Fahriza

Foto           :Asikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.