Makanan Daerah jadi Pesona Festival Budaya Pasar Terapung

KEBERADAAN makanan khas Banjar di Festival Budaya Pasar Terapung menjadi pesona tersendiri. Betapa tidak, stand-stand penjual aneka makanan sudah dipadati pengunjung saat rangkaian kegiatan resmi dibuka, Jumat (25/8) malam.

ADANYA Kalsel Food Festival ini menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, di sana semua jenis penganan khas Banjar yang berjumlah 41 macam tersedia. Belum lagi makanan lainnya seperti Nasi Itik Gambut, Bolu Gulung Hj Enong, Mie Bancir Agus Saringan dan lainnya juga tersaji.
Konsep Kalsel Food Festival ini memang menjadi pembeda pada pelaksanaan Festival Budaya Pasar Terapung tahun ini. Semua makanan khas 13 kabupaten / kota se Kalsel tersaji. “Ini kesempatan langka, sehingga untuk mencicipi makanan khas di kabupaten/kota tidak perlu datang jauh-jauh cukup kesini aja, ayo ke Kalsel manfaatkan kesempatan ini bagi wisatawan,” ajak Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan.
Rudy berharap keberadaan Festival Budaya Pasar Terapung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ia pun mengajak masyarakat untuk mempromosikan kepariwisataan Kalsel. Sebab menurutnya, pariwisata merupakan salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kepemimpinan Gubernur H Sahbirin Noor. “Tolong bantu promosikan pariwisata kita. Jangan lagi memposting hal hal yang biasa baik di Facebook, Twitter dan lainnya sebagainya. Tapi posting khas-khas daerah sehingga orang luar tertarik karena mengetahui. Kalau bukan kita yang memperkenalkan siapa lagi. Mari kita bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat mengangkat pariwisata daerah. Karena industri pariwisata ini bila sudah berjalan mengangkat perekonomian daerah. Kegiatan Festival Budaya Pasar Terapung ini salah satu upaya mengangkat pariwisata daerah,” tuturnya.
Pada pembukaan festival tersebut disuguhkan berbagai kegiatan. Sebelumnya ada pertujunakan pasar terapung dengan menghadirkan ratusan Acil pedagang. Tabalong etnik festival juga disuguhkan lengkap dengan panglima burungnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan beberapa hari ke depan dengan fokus utama di Kantor Gubernur Jalan Jendral Sudirman. (Jejakrekam)

 

Penulis  : Wan Marley
Editor    : Wan Marley
Foto       : Wan Marley