Festival Budaya Pasar Terapung Targetkan Kehadiran Wisman

GELARAN Festival Pasar Terapung tahun 2017 ini yang dimulai tangga 25 besok akan sedikit berbeda. Pasalnya, makanan khas Banjar yang berjumlah 41 macan akan dihadirkan pada pelaksanaan festival di kantor Gubernur Kalsel tersebut.
Bukan hanya 41 macam Wadai yang ditampilkan dalam Kalsel Food Festival bagian Festival Pasar Terapung itu.

TAPI makanan khas lainnya seperti Bolu Gulung Hj Enong, nasi itik Gambut, Soto Bang Amat dan Mie Bancir Agus Sasirangan juga dihadirkan. “Bedanya pelaksanaan tahun ini sama tahun tahun sebelumnya ada Kalsel Food Festival. Di sana pengunjung bisa membeli dan mencicipinya makanan khas daerah,” jelas Kabid Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad, Kamis (24/8).
Ia menambahkan, pada gelaran festival tersebut juga akan menghadirkan Acil pasar terapung di Sungai Martapura. Bukann hanya menyajikan jualanan buah buahan dan makanan, akan tetapi pada taun ini panitia mengonsepnya dengan pertunjukan atraksi jukung. Atraksinya adalah dengan membentuk bagian jukung yang menyusun jadi satu kesatuan membentuk busur diarak dari bawah jembatan merdeka Banjarmasin ke arah menara pandang siring Banjarmasin. Bukan hanya itu. “Paling tidak kami targetkan 2000 wisatan Nusantara (wisnus), dan target wisatawan mancanegara 100 sampai 200 orang hadir pada festival ini,” tambahnya.
Dia optimis dengan hal teresebut, lantaran banyak rangkaian yang dikemas semenarik mungkin. Pada tahun ini juga digabungkan dua festival sekaligus. Yakni festival hari jadi Provnsi Kaimantan Selatan yang ke 67, dan Festival Pasar Terapung. “Tentu ini akan menjadi sasaran fotografer untuk melakukan foto foto untuk hasil yang terbaik. Nanti hasil pemptretan akan dilombakan, objeknya semua kegiatan di pasar terapung selama sepekan. Jadi bisa saja objeknya bukan acil jukung saja, tapi bisa di gelaran fashion week, bisa di lomba masak dan sejenisnya. Nanti, juga ada lomba memasak dua kategori, yaitu ketegori cheef dan umum. Yang akan diselengarakan pada hari penutupan, Rabu (30/8). Sehari sebelumnya, pada malam harinya, juga akan diselipkan gelaran final Putri Kalsel 2017,” kata Muhammad.
Semenara dihubungi terpisah, Kadis Pariwisata Kalsel Heriansyah menambahkan pihak optimis di gelaran Festival Pasar Terapung bisa menyedot wisman dan wisnus. “Di RPJMD, kami di pariwisata untuk peningkatan kujungan sebesar 20 persen wisnus, dan 10 persen wisman dengan laman tinggal 3 hari. Dari data sementara di 2016 angka wisman mencapai 62. 000, dan wisnus sebanyak 624.000 dengan lama tinggal 1,3 hari,” urainya.(jejakrekam)

 

Penulis   : Wan Marley

Editor     : Wan Marley

Foto        : Get Borneo