Komplotan Curat Makassar Terpaksa Ditembak di Kaki

0

MERINGIS kesakitan dan jalan tertatih-tatih empat tersangka kasus pencurian dengan pemberatan (curat) di 21 titik sasaran rumah-rumah mewah seperti di Kompleks Citra Land, Jalan Achmad Yani Km 8, Kelurahan Kertak Hanyar II, Kabupaten Banjar dihadirkan jajaran Polda Kalimantan Selatan dalam jumpa pers, Senin (7/8/2017).

ADA empat tersangka yakni Yusri, Syahrudin, Rahmad dan Yuliardiansyah yang diringkus petugas gabungan dari jajaran Polda Kalsel, Polda Sulawesi Selatan, Polda Kaltim dan Polda Kalteng, dihadirkan di depan wartawan oleh Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana. Sedangkan, dua tersangka lainnya Asran dan Darwis masih berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Para pelaku curat ini berhasil ditangkap berkat kerjasama Resmob Banjar, Resmob Banarbaru, Resmob Polresta Bajarmasin dan Polda Kalsel. Keenam pelaku ini terpaksa semuanya kami tembak di kaki, karena hendak melarikan diri saat ditangkap petugas. Sedangkan, dua tersangka lainnya masih diamankan di Makassar,” kata Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana dalam pers rilis, didampingi Direktur Reskrimum Kombes Pol Sopyan Hidayat dan Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete.

Saat ini, menurut jenderal bintang satu ini, otak dari komplotan curat Makassar ini yang telah dikantongi identitasnya bernama Iwan Coleng, hingga diendus keberadaannya. “Memang, Iwan Coleng belum berhasil kami tangkap. Tapi,  kami sudah mengendus keberadaannya,” ucap Rachmat Mulyana. Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur mengungkapkan para tersangka ini berhasil dibekuk di Makassar, buah dari kerjasama apik jajaran kepolisian antara Polda Sulsel, Polda Kaltim dan Polda Kalteng.

Aksi pelaku ini terjadi pada pertengahan Juli 2017, dengan menyikat barang-barang berharga berupa emas murni lempengan, dan lainnya, khususnya di 21 titik rumah-rumah mewah seperti di Komplek Citra Land Banjarmasin. “Rumah yang menjadi sasaran adalah rumah yang ditinggal penghuni, saat bulan puasa lalu. Uang hasil kejahatan ini dari pengakuan para tersangka ini kebanyakan digunakan untuk berfoya-foya,” katanya. Ada beberapa barang bukti yang berhasil diamankan jajaran Polda Kalsel seperti empat buah sepeda motor, senjata jama jenis badik, obeng, tang serta pakaian saat melakukan aksi pencurian seperti jaket, celana, sandal dan helm.

Agar aksi kejahatan serupa tak terulang, Kapolda Kalsel menginstruksikan agar seluruh jajaran Polres se-Kalsel khususnya bhabinkatibmas selalu menanamkan kewaspadaan kepada masyarakat, khususnya ketika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Peringatan Kapolda Kalsel ini agar tak menjadi korban seperti dialami penghuni perumahan mewah di Citra Land Banjarmasin, seperti Ricky Wijaya yang kehilangan sebuah brankas berisi kalung, cincin, dan gelang berlian, serta emas batangan seberat satu kilogram, serta warga Citra Land lainnya, Eri Sadewo Tjandra. (jejakrekam)

Penulis  : Asyikin

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.