Tak Ingin Hanya Laporan, DPRD Ingin Cek Lapangan

0

DPRD Kabupaten Barito Utara tak ingin hanya menerima dokumen laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016. Para wakil rakyat ini mengecek langsung bukti penerapan anggaran itu di lapangan.

ANGGOTA DPRD Barito Utara, Tajeri dengan turun ke lapangan bisa dilihat bukti fisik penyerapan anggaran, terkait hasil yang dilaporkan dalam dokumen APBD. “Kami tak ingin menerima laporan justru tak sesuai dengan fakta di lapangan. Hal ini merupakan bagian dari fungsi kontrol dewan terhadap pemerintah daerah,” ujar Tajeri kepada jejakrekam.com di Muara Teweh, Kamis (3/8/2017).

Dengan terjun ke lapangan, legislator Partai Gerindra ini hakkul yakin dana yang dikeluarkan untuk kegiatan pembangunan berasal dari uang rakyat itu bisa dipertanggungjawabkan secara tranparan dan akuntabel.“Kami juga harus mengetahui dimana lokasi, jumlah dananya, siapa yang mengerjakan, sesuai atau tidak dengan RAB,”kata Tajeri.

Dia mengungkapkan siapa tahu dalam proyek tersebut ada sumbangan pihak ketiga atau sumbangan dana CSR dari perusahaan yang sifatnya tidak mengikat dan dibenarkan dalam aturan. “Salah satu contoh seperti ada anggaran dana cadangan tahun 2016 sebesar Rp 40 miliar untuk pembelian lahan/tanah perkantoran yang sampai sekarang belum selesai. Masalah ini juga perlu penjelasan dari pemerintah daerah agar tidak salah paham. Dan tuntas secara keseluruhan,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Syarbani

Editor  : Wan Marley

Foto    : Syarbani

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.