Esensi Adipura adalah Jaga Lingkungan Berkelanjutan

0

EUFORIA meraih Piala Adipura Kirana yang terhitung ketiga kalinya bagi Kota Banjarmasin dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, sangat kental terasa pada Kamis (3/8/2017). Arak-arakan kapal yang dimulai dari dermaga siring Balai Kota dengan mengitari Sungai Martapura tak boleh melupakan dari esensi Adipura itu sendiri.

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurabaya menegaskan program Adipura bertujuan untuk mewujudkan kota yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan. “Melalui program Adipura, diharapkan pemerintah daerah mampu mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup,” ucap Siti Nurbaya kepada walikota dan bupati yang menerima penghargaan Adipurna di Auditorium Manggala Wanabhakti Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Pesan serupa juga diingatkan Presiden RI Joko Widodo dalam peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup. Menurut Presiden Jokowi, seluruh daerah di Indonesia untuk melakukan koreksi besar terhadap pengelolaan hutan. “Jangan mikir rutinitas saja, jangan berpikir linier, jangan berpikir monoton terhadap pengelolaan hutan kita saat ini. Saat ini ada Rakernas, ini kesempatan untuk merumuskan pengelolaan huta dan lahan gambut yang lebih baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga menghendaki Indonesia bisa mencontoh negara lain yang telah berhasil mengelola lingkungan dan perekonomiannya. Dan ia meminta semua daerah untuk tidak bermain-main dalam hal pengelolaan hutan. “Banyak hal yang bisa dikerjakan dalam pengelolaan hutan. Jadi jangan main-main,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Didi G Sanusi

Editor   :  Didi G Sanusi

Foto     :  Iman Satria

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.