Promosikan Goa Sungsum, Helat Panjat Tebing Karst

0

MENYAMBUT dan memperingati HUT ke- 72 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Balangan bersama dengan FPTI Kalsel akan menggelar Jambore Panjat Tebing Banua.Jambore panjat dengan media tebing alam perdana di Kalsel ini akan dihelat di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi, tepatnya di kawasan Goa Sungsum yang merupakan kawasan karst.

KETUA Panitia Pelaksana, Rikhy Kurniawan mengatakan kegiatan diharapkan menjadi momentum bagi generasi muda khususnya para pegiat olahraga panjat tebing untuk bisa bekerjasama dalam menjaga nasionalisme dan memajukan potensi wisata khususnya wisata petualangan.

Hal ini, kata Riky, tidak terlepas dari potensi kawasan karst yang ada di Kalsel secara umum maupun Balangan, khususnya bisa dijadikan media panjat tebing. “Lewat kegiatan ini, kami juga berusaha untuk memperkenalkan Goa Sungsum sebagai objek wisata alam secara lebih luas,” ujar Rikhy kepada wartawan di Paringin, Senin (31/7/2017).

Karena selama ini, lanjut Rikhy, keberadaan objek wisata Goa Sungsum sangat menantang dan potensial untuk dijadikan media panjat dan obyek wisata petualangan, karena lokasinya yang strategis dekat dengan sungai.Selain itu, menurut dia, kawasan Goa Sungsum memiliki camping ground yang luas didukung infrastruktur jalan yang bagus menuju lokasi dari Paringin, ibukota kabupaten Balangan. “Dalam kegiatan ini nantinya, kita akan mengundang seluruh pegiat olahraga panjat tebing se-Kalsel serta melibatkan masyarakat sekitar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Sugianoor

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.