Pertahankan Kota Layak Anak, Andalkan Taman Kamboja

0

BERBAGAI terobosan yang dilakukan Pemkot Banjarmasin untuk mendesain ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini menjadi kota layak anak, akhirnya berbuah hasil. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise menyematkan penghargaan kota layak anak kategori pratama kepada Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina di Ballroom Swiss bellinn SKA Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (22/7/2017).

TAK hanya menyabet sebagai kota ramah anak, siswa SMAN 7 Banjarmasin Anisa Cahayani juga menyabet juara I lomba jingle Kompetisi Kreasi Adaptasi Perubahan Iklim Fokus Anak (APIFA) dari Menteri Yohana Susana Yembise.

Begitu mendapat apresiasi dari pemerintah pusat, Ibnu Sina memastikan keberadaan Taman Kamboja di Jalan Anang Adenansi tetap dipertahankan sebagai ruang terbuka hijau (RTH). “Bahkan, pada 2018 mendatang, di kawasan itu akan dibangun air mancur menari serta pendukung taman lainnya,” ucap Ibnu Sina.

Menurutnya, saat ini di Taman Kamboja sudah terdapat tempat bermain anak, sehingga hal ini akan terus dikembangkan pada 2018 khususnya di blok B yang diusulkan kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI untuk dibangun RTH ramah anak. “Rencananya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI akan berkunjung ke Banjarmasin untuk melihat langsung lokasi yang diusulkan jadi RTH ramah anak. Dijadwalkan akhir Juli ini, tim dari kementerian ini akan meninjau kelayakan Taman Kamboja,” tutur mantan Ketua DPW PKS Kalsel ini.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengingatkan pentingnya penghargaan dari pemerintah pusat ini dibarengi dengan kegiatan untuk mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui kabupaten atau kota layak anak.“Selama ini, penilaian terhadap kota atau kabupaten layak anak itu dari tim independen. Jadi, tidak perlu diragukan kredibilitasnya karena terdiri dari pakar anak, kementerian, lembaga terkait dan perguruan tinggi,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Asyikin

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Humpro Banjarmasin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.