Ada Lubang di Jalan, Mesin Asten Cook 043 Diterjunkan

0

KERJA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin untuk membenahi ruas jalan di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini, terasa lebih ringan. Kini, dinas yang dulu bernama Bina Marga ini telah dilengkapi peralatan tambal sulam jalan, seperti mesin penggiling dan pengaduk aspal yang mobilitas cukup tinggi.

KEHADIRAN mesin ini pun sangat membantu para petugas Dinas PUPR Banjarmasin ketika dioperasikan di lapangan, khususnya untuk menambang lubang-lubang jalan yang ada. Sudah beberapa tahun lalu, mesin ini dimiliki dinas yang bertugas mengelola jalan dan jembatan serta infrastruktur lainnya itu.

“Keberadaan mesin ini sangat membantu sekali. Terutama, saat menutup lubang-lubang yang kebanyakan terdapat di jalan raya. Jadi, ketika ada kerusakan kecil di badan jalan, mesin ini bisa diterjunkan di lapangan,” ucap Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Gusti Ridwan Sofyani kepada jejakrekam.com, Senin (24/7/2017).

Dia menjelaskan meski kekuataan aspal yang dihasilkan mesin Asphalt Asten Cook 043 buatan Korea, tak sekokoh mesin besar, Namun, kata Ridwan, keandalan mesin ini di lapangan sudah teruji dan terbukti. “Mesin ini sangat berguna dalam mengantisipasi hal-hal darurat yang bersifat mendesak. Jadi, tak butuh waktu lama dan harus menunggu pihak ketiga, ketika harus memperbaiki lubang atau retak-retak di jalan, mesin ini bisa diandalkan,” ucapnya.

Menurut Ridwan, saat ini, mesin daur ulang aspal ini dikelola UPT Pengawasan Jalan dan Jembatan yang siap bergerak di lapangan, ketika ada laporan dari masyarakat soal kerusakan jalan yang membahayakan pengguna jalan. “Kami langsung turun dan memperbaiki jalan yang rusak, sehingga masyarakat tetap merasa aman berlalu lintas,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Igam

Editor   : Didi GS

Foto      : Igam

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.