Tolak Semen Conch, LSM HST Bentuk Barisan Gempur

0

AKSI penolakan terhadap aktivitas angkutan semen di bawah bendera PT Conch South Cement Kalimantan yang berbasis di Kabupaten Tabalong itu, tak hanya di Kabupaten Balangan tapi juga menjalar ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

ULAH oknum sopir semen Conch yang berani mengaspal dengan truk berbadan jumbo di atas tonase dan sumbu jalan hanya berkapasitas 8 ton, membuat sejumlah aktivis LSM di Kota Barabai dan sekitarnya membuat aliansi bernama Gerakan Masyarakat Peduli dan Penyelamat Murakata (Gempur).

Nah, ada 16 organisasi dan LSM ini mengaku gerah dengan ulahoknum sopir yang berani melintas di ruas jalan Kabupaten HST melebih tonase. “Kami akan mengerahkan seribu orang untuk turun ke jalan menghadang dan menolak truk semen yang digelar pada Senin (24/7/2017) di kantor DPRD HST,” kata Koordinator Gempur, Muhammad Edwan Ansyari dalam jumpa pers di Barabai, Rabu (19/7/2017).

Meski menolak aktivitas truk trailer dan pengangkut semen yang merusak jalan, Gempur menyatakan tetap mendukung paket ekonomi berpola penanaman modal asing (PMA) sepanjang mengikuti peraturan perundang-undangan dan menghormati budaya serta kearifan lokal. “Masyarakat HST menolak angkutan semen yang melebih kapasitas kelas jalan melewati jalan kabupaten atau jalan desa di HST, sesuai dengan PP 79 Tahun 2013. Kami menuntut Gubernur Kalsel konsisten untuk menegakkan Perda Nomor 3 Tahun 2013,” cetus Edwan bersama aktivis lainnya saat membacakan surat pernyataannya.

Mereka juga mendesak agar pihak kepolisian menindak tegas pelanggaran PP Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tersebut. “Kami menuntut pemerintah segera melakukan perbaikan jalan yang rusak dengan kualitas jalan yang terbaik,” cetus Edwan. Ia menambahkan pihaknya akan meminta dukungan seluruh LSM yang ad di Kalsel untuk mendukung aksi penolakan terhadap angkutan semen Conch. “Sebab, selama ini, aktivitas angkutan truk semen ini merusak jalan kabupaten dan desa yang di Kabupaten HST. Semoga gerakan ini juga memicu kabupaten lain untuk bergerak bersama,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Bayu Tri Kuriyanto

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Bayu Tri Kuriyanto

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.