Masih Ada Percaloan Listrik di PLN Kalselteng?

0

SELAMA ini bukan rahasia umum lagi, jika penyambungan aliran listrik ke rumah pelanggan kerap dilakoni para calo atau kontraktor yang menguasai akses ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Khusus di wilayah layanan Kalimantan Selatan dan Tengah, perusahaan setrum negara ini sejak 2014 telah meluncurkan Gerai Layanan Listrik Satu Pintu.

APAKAH gerai itu sudah sesuai koridor yang dicita-citakan untuk memberantas aksi percaloan yang merajalela dan ditengarai merugikan para pelanggan PLN? Ketua DPD Persatuan Kontraktor Listrik Nasional (PAKLINA) Kalimantan Selatan, Mashudi justru menuding selama pasar instalatir listrik dan gerai malah dikuasai para calo, terutama tukang-tukang senior dan oknum karyawan PLN sendiri.

“Justru para calo dan oknum karyawan PLN yang merdeka. Organisasi profesi semacam kami tak bisa berbuat banyak. Padahal, kami terus mengembangkan profesionalisme kinerja instalatir dan standarisasi mutu pekerjaan instalasi listrik di daerah,” kata Mashudi kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Minggu (16/7/2017).

Makanya, Mashudi memastikan masalah ini akan jadi topik bahasan yang dibedah dalam Musyawarah Daerah (Musda) II PAKLINA Kalsel karena patut diduga banyak mengakibatkan insiden kebakaran akibat konsleting atau arus pendek. “Percaloan listrik ini di lapangan justru sangat marak dan kami menduga yang menyebabkan pemasangan instalasi listrik secara serampangan hingga memicu kebakaran yang marak di Kalimantan Selatan,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Dunia Energi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.