Inilah Cara Aman Dengarkan Musik dengan Earphone

0

SAYANGI telinga Anda. Memang mendengarkan musik favorit, terlebih lagi lagu-lagu yang bisa mengajak happy lewat earphone jauh lebih  menyenangkan. Namun, ingat jangan terlalu lama atau sering menggunakannya. Sebab, hal-hal yang tak diinginkan pada indera pendengaran itu bisa saja terjadi.

RISIKO seringnya menggunakan earphone bisa memicu cedera telinga , gangguan pendengaran hingga risiko kehilangan pendengaran secara permanen. Saat ini, mungkin dampaknya belum terlihat, namun kelak akan mulai terasa.Mendengarkan musik di telepon pintar, iPod, atau komputer jinjing secara terus menerus dalam volume tinggi, ketika muda seringkali tidak berdampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang.

Apabila merasa telinga atau pendengaran mulai bermasalah, jangan tunda lagi untuk memeriksakan diri langsung ke dokter. Bahkan, ketika gejalanya sendiri terasa kecil atau efek negatif yang belum terasa, tapi mungkin sebenarnya justru sudah bisa berkembang menjadi masalah pendengaran permanen.

Lalu seperti apa cara menggunakan earphone secara aman dan benar? Menurut dr Rynaldo Partogi Hutagalung dari RS TNI AU Dr Esnawan Antariksa Jakarta, sebenarnya tidak berbahaya mendengarkan musik menggunakan earphone asal digunakan tidak terlalu keras dan untuk durasinya tergantung dari intensitas suaranya.‘ Jika mendengarkan musik memakai earphone dengan volume kurang dari setengah, maka pemakaian earphone dengan durasi maksimal 30 menit,’’ kata dr Rynaldo Partogi ketika dikontak jejakrekam.com via aplikasi medsos, Selasa (11/7/2017).

Jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) ini mengatakan jika volume suara earphone sebesar ¾ atau 75 % maka batas aman mendengarkan music menggunakan earphone maksimal hanya 15 menit tidak lebih.‘’Sedangkan jika menggunakan volume maksimum sebaiknya jangan lebih dari 10 menit untuk kesehatan telinga’’ kata dr Rynaldo Partogi yang berdomisili di Kota Bogor, Jawa Barat ini.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Ponsel Baru

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.