Pasca Lebaran, Volume Sampah di Banjarmasin Turun

0

VOLUME sampah Kota Banjarmasin pasca Lebaran 2017 mengalami penurunan 4-5 persen, jika dibanding volume sampah saat Ramadhan 1438 lalu yang mencapai kenaikan 10 persen.

KEPALA Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Maflani mengakui setelah lebaran 4-5 persen tonase sampah di Kota Banjarmasin mengalami penurunan, apalagi banyak warga yang lebih memilih mudik ke kampung halaman. “Ya, jika dibandingkan saat Ramadhan justru naik 10 persen. Sekarang, terjadi penurunan,” ucap Maflani kepada jejakrekam.com, Jumat (7/7/2017).

Maflani mengatakan, peningkatan volume sampah terjadi hampir di seluruh wilayah di Kota Banjarmasin.”Rata-rata sampah yang dihasilkan 75% merupakan sampah bekas makanan dan sampah rumah tangga,” bebernya.Untuk mengatasi adanya penumpukan sampah di berbagai titik itu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin telah, mengerahkan sebanyak 61 armada. “Memang pada saat arus balik lebaran, pengangkutan sampah tetap berjalan optimal. Armada yang beroperasi setiap hari, melakukan penarikan seluruh di TPS,” tuturnya.

Menurut dia, penumpukan sampah yang sangat drastis kenaikannya, diakibatkan masih kurang sadarnya masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. “Untungnya,  para petugas pengangkut sampah rutin dan selalu terkendali, sehingga volume sampah tak terjadi penumpukan di satu kawasan,” kata Maflani.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Editor   : Afdi NR

Foto      : Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.