Jeruk yang Manis Itu, Ya Aslinya dari Sungai Madang

0

LEGENDA jeruk Madang tetap terjaga, tak kalah dengan jeruk impor atau varietas lokal seperti jeruk Pontianak. Bagi Anda yang penyuka buah pengandung vitamin C ini, tentu sepakat jika jeruk Madang merupakan varietas unggulan Kalimantan Selatan dengan rasanya yang manis, segar dan kandungan air lebih banyak.

LANTAS daerah mana yang menjadi penghasil jeruk andalan Banua ini? Kepala Desa Gudang Hirang Anang Syahrani mengungkapkan bahwa sentra penghasil jeruk berkualitas ini berada di Madang atau Sungai Madang itu masuk dalam wilayah Desa Gudang Hirang dan berbatasan dengan Desa Lok Baintan Dalam.

Ia menjelaskan budidaya  jeruk lokal yang ada di wilayah Sungai Madang, masih menggunakan bibit lama, sehingga belum menghasilkan produk jeruk yang maksimal.

Untuk itu, sebagai aparat desa, Anang Syahrani mengaku sudah menyusun rencana peremajaan bibit jeruk yang ada di perkebunan milik petani di Sungai Madang tersebut. Namun, Anang Syahrani juga menyebut seperti apa pola sistem peremajaan yang tepat tengah digodok.” Semuanya tergantung pada akses jalan darat yang diketahui hingga sekarang   belum mencapai Sungai Madang,” kata Anang Syahrani kepada jejakrekam.com, Jumat (7/7/2017).

Menurutnya, proses pembuahan jeruk Madang sangat tergantung dengan kondisi tanahnya. Wilayah Sungai Madang dan sekitarnya, sangat cocok untuk jeruk lokal tersebut.“Jangan salah buah jeruk yang dihasilkan di luar daerah Sungai Madang tidak sama, meski jenis bibit yang ditanam sama dengan yang ada di Sungai Madang,” ucapnya.

Anang Syahrani menegaskan biar tidak terlalu besar, buah jeruk yang dihasilkan dari kebun kebun petani di Sungai Madang, rasanya tetap manis dan kandungan airnya juga banyak.“Sekali lagi, semuanya dipengaruhi pada jenis tanahnya, ditambah sistem peneliharaan budidaya jeruk yang baik, maka produksi buah yang dihasilkan pun akan bagus dan banyak,” tutur Anang Syahrani.

Dia berharap jika saja pemerintah daerah bisa membantu para petani  dalam mengembangkan budidaya jeruk lokal termasuk soal penyediaan bibit, mempertahankan lahan perkebunan dan regulasinya, maka Sungai Madang bisa menjadi ikon sentra buah jeruk andalan Kalsel. “Jeruk Madang yang dihasilkan dari Sungai Madang, itulah jeruk Madang  yang berkualitas impor,”tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Muji Setiawan

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Warta Putra Balangan

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.