Pelayanan Akte Kelahiran Barut Capai Target Nasional

0

PELAYANAN administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) Kabupaten Barito Utara (Barut), tetap stabil kendati pasca libur panjang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, selama beberapa hari.

KEPALA Disdukcapil Barito Utara Ledianto, mengatakan pelayanan administrasi masih normal dan tidak ada lonjakan peminat kendati libur beberapa hari. Namun, kata Ledianto, yang paling membanggakan adalah target pembuatan akte kelahiran untuk Barut paling tertinggi pencapaian seluruh kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah.

Menurut Ledianto, ada satu dua hal yang lebih ternyata kemajuan pencapaian kepemilikan akte kelahiran di Barut dari  usia O sampai 18 tahun berdasarkan  data konsolidasi telah mencapai sekitar 90, 22 persen. “Kementerian Dalam Negeri juga telah menargetkan secara nasional seluruh daerah hanya 85 persen. Sedangkan pencapaian seluruhnya yang sudah dilaksanakan 90,22 persen.
Dengan pencapaian ini, Barito Utara telah melebihi target dan satu-satunya daerah di Kalteng,” tutur Ledianto kepada jejakrekam.com di Muara Teweh, Kamis (6/7/2017)

Dijelaskannya, pencapaian yang sudah dilakukan tak luput dari giatnya melakukan sosialisasi di tengah masyarakat dan pentingnya pembuatan administrasi data kependudukan. Menurutnya, pencapaian yang sudah dilakukan dan mendapat penghargaan, maka Barut juga mendapat kepercayaan dan Kemendagri negeri untuk pembuatan kartu tanda identitas anak (KIA).” Dengan pencapaian akte kelahiran itu, maka kita satu satunya daerah di kalteng yang pertama menerapkan kartu identitas anak,” ucap Ledianto.

Menurutnya, dari 50 kabupaten dan kota se-Indonesia, Barut merupakan satu-satunya di Kalteng. Prestasi ini juga merupakan sebuah penghargaan dari Kemendagri untuk penerapan KIA.
“Masalah ini juga saya sudah kontrak kerja dengan Kemendagri dimana penandatangan dilakukan bersama Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Syarbani

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Borneo News

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.