Lebih Giat Beribadah di 10 Terakhir Ramadhan

0

“Rasulullah bersungguh-sungguh di sepuluh hari terakhir yang beliau tidak pernah bersungguh-sungguh di selainnya.”(HR.Muslim)

AKTIVITAS  di hari sepuluh terakhir Ramadhan 1438 Hijriyah makin semarak dan khidmat di sejumlah masjid yang ada di Kota Banjarmasin.Tradisi itu pun juga dihidupkan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Sungai Jingah dengan menggelar shalat Tahajud berjamaah, serta shalat sunah lainnya. Pun, di berbagai masjid dan mushalla.

Hal ini sejalan dengan banyak riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW di 10 terakhir Ramadhan atau masa-masa perpisahan dengan bulan nan suci yang datangnya selalu dirindukan itu dengan memperbanyak dan memperkuat ibadah. Ya, seperti banyak hadits shahih. Nah, tradisi ini pun dihidupkan jamaah di Masjid Hasanuddin Majedi di Jalan Brigjen H Hasan Basri Banjarmasin.

Ada ratusan jamaah yang sabar menunggu tibanya shalat Tahajud berjamaah, hingga ada yang rela rebahan dan tidur sebentar. Sebab, pukul 03.00 Wita, shalat sunah itu pun dimulai dengan alunan baca kitab suci Alqur’an yang begitu merdu dan syahdu. “Ya, pada 10 terakhir Ramadhan ini, kami beritikaf di masjid, membaca Qur’an dan shalat sunah berjamaah. Ini merupakan sunnah Rasulullah SAW di hari-hari terakhir Ramadhan,” ujar Rusdi, seorang jamaah saat berbincang dengan jejakrekam.com di Masjid Hasanuddin Majedi, Minggu (18/6/2017) dinihari.

Senada Rusdi, warga Jalan Sultan Adam Banjarmasin, Syahdi pun rela menahan rasa kantuknya dengan membaca Alqur’an untuk mengikuti shalat Tahajud berjamaah di Masjid Hasanuddin Majedi. “Tradisi ini memang sering dilakukan di masjid. Kami berkumpul di sini untuk menunggu shalat sunnah berjamaah, kemudian makan sahur bersama dan diakhir dengan shalat Subuh berjamaah,” kata Syahdi.

Ia berharap agar di 10 terakhir Ramadhan yang diyakini merupakan malam-malam kemulian dengan hadirnya Lailatul Qadar bisa diisi dengan peribadatan kepada Allah SWT. “Sebab, di hari-hari terakhir ini menjadi puncaknya dari bulan Ramadhan. Sebab, kita akan segera berpisah dengan bulan suci ini. Sayang kalau kesempatan baik yang diberikan Allah SWT tak dimanfaatkan dengan maksimal,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Didi G Sanusi

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Didi G Sanusi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.