Gunung Lumut Diproses Jadi Taman Nasional

0

GUNUNG Lumut merupakan surga lumut dunia dengan beragam jenis lumut yang ada. Gunung ini pun memiliki tujuh puncak dan menjadi ekologi yang penting di Provinsi Kalimantan Tengah. Tak mengherankan, jika Gunung Lumut pun segera ditahbiskan sebagai kawasan taman nasional dengan keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna endemis Kalimantan.

PROSES pengusulan atau konsultasi publik untuk pengusulan Gunung Lumut sebagai taman nasional terus gencar dilakukan Bupati Barito Utara, H Nadalsyah di Lampeong, Kecamatan Gunung Purei, Kamis (15/6/2017). Menurut Nadalsyah, saat ini sudah masuk dalam tahapan proses pengusulan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta.

“Makanya, kami mengajak agar masyarakat bersama-sama mendukung agar Gunung Lumut ini segera masuk taman nasional,” kata Nadalsyah didampingi unsur pimpinan DPRD Barito Utara, serta Sekdakab Jainal Abidin dalam buka puasa bersama di Lampeong.

Ia menegaskan Gunung Lumut banyak menyimpan berbagai flora dan fauna yang merupakan manifestasi kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Barito Utara. “Nantinya, Gunung Lumut akan menjadi aset potensial sebagai destinasi wisata yang kaya dan subur dengan corak ekosistem yang beraneka ragam,” ujar Nadalsyah, didampingi tokoh masyarakat, damang, WWF Kalteng, unsur Tripika Gunung Purei dan lainnya.

Banyak keunggulan ketika Gunung Lumut dijadikan taman nasional. Nadalsyah hakkul yakin objek wisata alam di Kabupaten Barito Utara ini justru akan jadi pusat penelitian, bukan hanya berskala nasional tapi juga internasional. “Selama ini, kawasan Gunung Lumut merupakan hutan yang belum terjamah dari penebangan hutan hingga aktivitas lainnya,” cetus Koyem-sapaan akrab Nadalsyah.

Menurutnya, dengan memelihara ekosistem Gunung Lumut dengan status taman nasional, tentunya aset daerah bisa diwariskan kepada anak cucu. “Sebab, Gunung Lumut memiliki keindahan alam pegunungan dengan bentangnya luas dan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Syarbani

Editor  : Didi G Sanusi

Foto    : Syarbani/Sebat.com

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.