Ada 2.568 Calon Mahasiswa Baru Diterima ULM

SELEKSI untuk meraih kursi  mahasiswa baru di kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM), telah rampung. Lewat jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), kini ada 2.568 calon mahasiswa baru telah diterima kampus tertua di Pulau Kalimantan itu.

JUMLAH mahasiswa baru itu terdiri dari 627 bidik misi dan 1.941 non bidik misi. Sedangkan pada seleksi nasional (SNMPTN) lalu, tercatat ada 1.356 orang, termasuk di antaranya 302 lewat jalur bidik misi.

“Jadi, total bidik misi adalah 929 mahasiswa. Tapi ini baru calon tidak secara otomatis menerima beasiswa bidik misi. Sebab kuota di ULM untuk bidik misi hanya 857 orang. Jadi nanti disurvei dulu, yang paling miskin itu yang dikasih beasiswa,” ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM, Prof Ahmad Alim Bachri kepada jejakrekam.com, Selasa (13/6/2017).

Menurut Alim, verifikasi beasiswa bidik misi yang mendaftar di luar Banjarmasin. Namun, beber dia, verifikasi akan dilaksanakan panitia lokal tempat mahasiswa mendaftar. ”Misalkan, mendaftar di Universitas Brawijaya, di sana juga yang melakukan verifikasi. Begitu juga mahasiswa yang mendaftar di Banjarmasin, tapi memilih PTN lain, maka kami  yang melakukan verifikasi . Jadi kami tegaskan yang sudah lulus tes bidikmisi dan lulus tes akademik masuk PTN tidak otomatis menerima beasiswa. Karena harus verifikasi lagi,” tutur Ali Bachri.

Di ULM sendiri,  beber dia, dari total mahasiswa yang dinyatakan paling banyak peminat adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) mencapai 850 orang. Kemudian, terbanyak kedua sampai kelima adalah Fakultas Pertanian 251 orang, Fakultas Perikanan dan Kelautan 231 orang, Fakultas Kedokteran 227 orang dan Fakultas Teknik 207 orang. ”Kalau program studi paling banyak pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), yakni 107 orang,” ucap Alim.

Ia mengatakan pada SNMPTN dan SBMPTN 2017, ULM diminati hampir 31 ribu se-Indonesia. Baik itu pendaftar di Banjarmasin sendiri maupun yang mendaftar di perguruan tinggi luar daerah dan memilih ULM. Jumlah peminat ini jauh mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya. Sebab, sebelumnya peminat yang memilih ULM hanya sekitar 27 ribu orang. ”Kalau khusus Kalimantan kita paling tinggi peminat. Jika secara nasional, ULM masuk kelas perguruan tinggi menengah,” kata guru besar Fakultas Ekonomi ULM ini.

Pada 2017 ini, daya tampung ULM juga mengalami kenaikan. Sebelumnya hanya 5.900 bertambah 500 orang, sehingga total mahasiswa mencapai 6.400 orang. Dari dua jalur seleksi, masih tersisa kuota 1.976 mahasiswa. Kuota ini akan dilengkapi melalui jalur seleksi mandiri. Sedangkan, untuk peserta bidik misi penyerahan berkas dimulai tangga 10 sampai 15 Juni. ”Untuk melengkapi kuota di jalur mandiri nantinya. Jadi yang sudah dinyatakan lulus bisa daftar ulang dan yang belum lulus bisa mendaftar lagi di jalur mandiri,” pungkas Alim.(jejakrekam)

Penulis : Wan Marley

Editor   : Fahriza

Foto      : ULM