Seleksi Panwaslu se-Kalsel Dibagi Dua Zona

0

MENYAMBUT even pesta pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 di Kalimantan Selatan yang berlangsung di empat kabupaten yakni Kabupaten Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Tabalong, serta Pemilu 2019 mendatang, tim seleksi panitia pengawas pemilu (panwaslU) kabupaten dan kota, membuka pendaftaran bagi calon komisioner lembaga pengawas itu.

LEWAT surat pengumuman bernomor 001/Timselpanwaskalsel/06/2017, tertanggal 12 Juni 2017 langsung membuka seleksi panwaslu untuk Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Untuk zona I, tim seleksi diketuai DR Fathul Achmad Abby (dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat) dan sekretarisnya, DR Ani Cahyadi Maseri (dosen UIN Antasari Banjarmasin). Sedangkan, zona I diketuai Zainal Fikri M.Ag MA, Ph.D dan Dra Hj Yusna Zaidah sebagai sekretarisnya.

Ada syarat umum bagi calon panwaslu seperti WNI, usia maksimal 30 tahun, setia kepada Pancasila, UUD 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, memiliki integritas, kuat, jujur dan adil, kemampuan dan keahlian dalam penyelenggara pemilu, berpendidikan minimal S1 (sarjana), domisili di kabupaten atau daerah yang menggelar pilkada/pemilu, bukan anggota parpol atau telah mengundurkan diri sekurang-kurangnya 5 tahun saat mendaftarkan diri, atau mengundurkan dari jabatan politik, pemerintahan, dan BUMN/BUMD, serta tidak pernah dipidana penjara berdasar putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena telah melakukan tindak pidana yang diancam penjara 5 tahun atau lebih. Keterangan ini harus dikuatkan surat dari pengadilan negeri setempat.

Syarat lainnya adalah tak pernah terlibat dalam tim kampanye atau sebutan lainnya dalam Pilpres, pemilihan anggota DPR/DPD/DPRD serta pilkada, sekurang-kurangnya 5 tahun sejak mendaftarkan diri. Lalu, ada syarat khusus seperti tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan semua penyelenggara pemilu, dan syarat lainnya.

Bagi yang berminat bisa menyerahkan berkas pendaftaran ke Sekretaris Tim Seleksi Calon Anggota Panwas Kabupaten/Kota se-Kalsel melalui website Bawaslu Kalsel : http://bawaslu-kalselprov.go.id atau diantar lewas pos atau email ke Sekretariat Tim Seleksi di Jalan RE Martadinata  Nomor 3, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin 70231 atau Sekretariat Bawaslu Kalsel Jalan Jenderal Sudirman Nomor 17 Gedung Graha Abdi Persada Banjarmasin.

Untuk berkas dibuat masing-masing tiga rangkap terdiri dari satu asli dan dua fotokopi, dengan masa pendaftaran sejak 12-24 Juni 2017 dari pukul 08.00-16.00 Wita.(jejakrekam)

Penulis  : Didi G Sanusi

Editor    : Didi G Sanusi

Foto     : Bawaslu Kalsel

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.