Bekap Kamboja, Garuda Muda Bawa Hasil Positif

0

HASIL positif diraih Tim Nasional Indonesia U-22, saat menantang tuan rumah Kamboja di Stadion Olimpiade Kota Phnom Penh dalam partai internasional resmi FIFA, Kamis (8/6/2017) malam.

BERTANDANG ke kandang lawan, tim asuhan Luis Milla berhasil membekap Kamboja dengan skor 2 – 0 laga yang disirkan secara Live di I-News TV. Tim Garuda Muda Indonesia ini juga diperkuat lima pemain senior yaitu Bayu Pradana, Fachruddin Wahyudi, Adam Alis, Irfan Bachdim dan Kurnia Meiga yang bertindak sebagai kapten.

Bertindak sebagai sebagai tuan rumah, Kamboja mengambil inisiatif menyerang dan menekan pertahanan timnas Indonesia sejak peluit ditiupkan. Menit 14′ pendukung tuan rumah bersorak ketika Prak Monyudom mencetak gol, namun ternyata offside. Serangan bertubi-tubi dilakukan pemain timnas kamboja ke jantung pertahanan Indonesia. Namun sayang, penyelesaian akhir yang buruk sehingga pemain kamboja tidak bisa membobol gawang timnas yang dijaga kapten kesebelasan Kurnia Mega.

Alih-alih mencetak gol, Kamboja justru ketinggalan terlebih dahulu. Adalah pemain Bali United Irfan Bachdim mencetak gol memanfaatkan kesalahan lini belakang tuan rumah yang dan menaklukkan penjaga gawang Kamboja Sou Yaty pada menit 26′, skor 1-0 untuk keunggulan Garuda Muda. Ketinggalan 1-0 membuat pemain Kamboja bernafsu untuk mencetak gol. Lagi-lagi, sayang kecermelangan Kurnia Mega di bawah mistar gawang mampu membuat jaring Indonesia tetap aman. Skor 1-0 tetap bertahan hingga jeda turun minum.

Setelah jeda istirahat pelatih timnas Luis Milla melakukan pergantian pemain, Hanif Sjahbandi masuk menggantikan Hargianto. Hingga pada menit 58′, pemain Arema FC Adam memberikan  umpan matang bagi Febri Hariyadi. Sialnya, tendangan Febri jauh dari sasaran dengan hanya melambung tinggi di atas gawang. Kemudian, pada menit 65′, pemain kamboja Chan Vathanaka nyaris menyerobot bola di kotak penalti sehingga membuat Kurnia Meiga bekerja keras mengantisipasinya. Pada menit ke 68, Luis Milla kembali merotasi pemain, dengan menarik Irfan Bachdim keluar digantikan Yabes Roni.

Sementara, timnas Kamboja mampu mendikte pertandingan. Bahkan, pemain tuan rumah beberap kali memberikan ancaman bagi benteng pertahanan Timnas Merah Putih. Petaka terjadi pada menit ke-72, Adam Alis mengalami cedera, sehingga tak bisa melanjutkan laga dan digantikan pemain Persib Bandung Gian Zola.

Sepuluh menit waktu normal berakhir kedua tim memperagakan permainan terbuka. Hingga akhirnya, dewi fortuna memihak timnas Indonesia, ketika Gian Zola memanfaatkan umpan Hanif dan membawa Indonesia unggul 2-0 skor ini. Keunggulan ini bertahan hingga peliut tanda pertandingan berakhir ditiupkan.

Hasil positif ini menjadi pelajaran berharga bagi timnas Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2017 dan Pra Piala Asia U-23 2018. Termasuk, pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menantang Puerto Rico pada laga persahabatan pada Selasa (13/6/2017) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.(jejakrekam)

Penulis  : Ahmad Husaini

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Harga Top.com

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.