Mahyuni Kembali ke Kampus, Aldo-Erna Ingin Bertahan

0

KOMPOSISI komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalimantan Selatan dipastikan akan berombak. Kabarnya, Ketua Bawaslu Kalsel yang ada, Mahyuni tak lagi berhasrat duduk di lembaga yang tak lagi adhoc itu, karena ingin kembali ke kampus FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

KINI yang tersisa hanya dua komisioner Bawaslu Kalsel yakni Azhar ‘Aldo’ Ridhanie dan Erna Kasypiah, yang masa jabatannya bakal berakhir pada 12 September 2017 mendatang.

“Ya, rencananya Pak Mahyuni ingin kembali mengajar menjadi dosen di FISIP ULM. Sementara, saya dan bersama Aldo akan bertahan di Bawaslu Kalsel dan mengikuti serangkaian tes yang dilaksanakan tim seleksi nanti,” kata Erna Kasypiah kepada jejakrekam.com, saat bertemu di Sekretariat LK3 Banjarmasin, belum lama ini.

Menurutu Erna, saat ini, komposisi keanggotaan Bawaslu Kalsel bukan lagi terdiri dari 3 orang, namun ditambah menjadi 5 orang. “Jadi, ada tambahan dua anggota yang baru. Ini tentu akan meringankan tugas Bawaslu Kalsel dalam penanganan pelanggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) maupun pemilihan umum (pemilu),” ucap aktivis LK3 Banjarmasin ini.

Tak hanya itu, Erna mengungkapkan dari kebijakan Kementerian Dalam Negeri direncanakan posisi jaringan Bawaslu Kalsel, khususnya di kabupaten dan kota tak lagi berbadan adhoc atau bersifat sementara. “Jadi, jabatan komisioner di Panwaslu kabupaten dan kota juga berlaku selama lima tahun. Ya, seperti jabatan Bawaslu provinsi. Termasuk, ada penguatan kewenangan badan pengawas ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu RI Abhan ini telah menunjuk lima akademisi dari dua kampus, ULM dan UIN Antasari Banjarmasin sebagai tim seleksi. Terdiri dari Prof DR Mujiburrahman yang merupakan Wakil Rektor III UIN Antasari Banjarmasin, Lena Hanifah (dosen Fakultas Hukum ULM), DR Andi Tenri Sompa (akademisi dari FISIP Universitas Lambung Mangkurat), Prof DR H Ahmadi Hasan (guru besar UIN Antasari), serta Prof DR H Kamrani Buseri dari tokoh masyarakat yang juga guru besar UIN Antasari.(jejakrekam)

Penulis : Didi G Sanusi

Editor  : Didi G Sanusi

Foto     : Bawaslu Kalsel

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.