Bahan Makanan di Pasar Ramadhan Harus Aman

0

PEDAGANG wadai selama Ramadhan, terkhusus di pinggir-pinggir jalan di Kota Tanjung dan sekitarnya, Kabupaten Tabalong diingatkan untuk menjaga higienitas serta tak menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti pewarna tekstil dalam kudapan berbuka puasa itu.

BUPATI Tabalong Anang Syakhfiani menegaskan para pedagang makanan dan minuman terutama di pasar-pasar Ramadhan dan berjualan di pinggir jalan harus memastikan keamanan barang yang dijual.  “Jangan sampai makanan dan minuman yang dijual itu justru tak memenuhi standar kesehatan, kualitas serta keamanan bagi konsumen,” kata Anang Syakhfiani di Tanjung, saat meninjau Pasar Wadai Ramadhan di Kecamatan Haruai, Sabtu (3/6/2017).

Ia mengatakan tak ingin mendengar ada pedagang yang nakal dengan mencampurkan bahan makanan itu dengan bahan kimia berbahaya seperti borak, pewarna tekstil, serta zat-zat berbahaya lainnya. “Makanya, saya tak ingin ada masyarakat yang keracunan ketika mengkonsumsi makanan dan minuman yang dijual di pinggir-pinggir jalan di Kota Tanjung dan sekitarnya selama Ramadhan ini,” cetus Bupati Tabalong ini.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Desa Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ini menekankan pentingnya para pedagang kuliner menu buka puasa itu memperhatikan mutu, kelezatan, serta kebersihan, tentunya aspek keamanan bagi kesehatan para konsumen. “Kalau barang dagangannya itu enak dan aman tentu akan laris manis. Tentu saja, perputaran uang pun akan cepat. Makanya, kalau ingin mencari berkah Ramadhan ini, para pedagang harus berdagangnya secara jujur, dan jangan curang,” tandas Anang Syakhfiani.(jejakrekam)

Penulis  : Hery Yusminda

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Hery Yusminda

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.