Pemudik di Pelabuhan Trisakti Diprediksi Naik 5 Persen

0

MENYAMBUT arus mudik dan balik saat lebaran Idul Fitri 1438 Hijiriyah di Terminal Penumpang Bandarmasih di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, aspek keamanan dan keselamatan menjadi hal yang diutamakan.

KEPALA Syahbandar dan Otoritas Kepelabuhan (KSOP) Banjarmasin, Muhammad Takwim Masuku menegaskan aspek keselamatan dan keamanan bagi para penumpang yang memilik mudik melalui jalur laut, terkhususnya di Pelabuhan Trisakti akan dijamin. “Kami menjaga keselamatan penumpang, dan kami mengetes alat keselamatan penumpang yang digunakan kapal yang diopersionalkan perusahaan pelayaran di Banjarmasin,” kata Takwim Masuku kepada jejakrekam.com ,Jumat (2/6).

Ia menerangkan saat ini telah membuka posko terpadu angkutan lebaran untuk Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.”Penumpang diberi pelayanan untuk mudik lebaran, sehingga pemudik lebih tertib di pelabuhan,” ucap Takwim. Menurutnya, dengan posko terpadu semua fasilitas untuk kenyamanan penumpang mudik selama lebaran yang diperkirakan akan mengalami puncak pada H-5 untuk keberangkatan para penumpang dari Banjarmasin ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan kota lainnya. “Ada 8 kapal yang akan mengangkut para penumpang selama masa mudik lebaran ini,” kata Takwim.

Ia memperkirakan selama tahun 2017 ini terjadi kenaikan pemudik lebaran mencapai 5 persen atau sekitar 30 orang. Sebab, tahun 2016 lalu, terdapat lebih dari 10 ribu penumpang yang terdata menggunakan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sebagai jalur mudik ke Pulau Jawa. “Untuk kondisi gelombang di Laut Jawa, dari hasil pemantauan satelit tergambar aman untuk berlayar karena di bawah 2 meter. Ini berlaku pada 2 Juni 2017 dengan tinggi gelombang 0,3 sampai 2 meter,” imbuh Takwim.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Afdi NR

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.