Awali Bulan Berkah, Masjid Dipadati Jamaah Shalat Tarawih

0

AWAL Ramadhan 1438 Hijriyah telah diputuskan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin dalam sidang itsbat di Jakarta, jatuh pada Sabtu (27/5/2017). Pada malam pertama bulan nan suci ini, umat Islam langsung menggelar shalat Isya berjamaah dilanjutkan Tarawih dan Witir di masjid-masjid yang ada di Banjarmasin.

SEPERTI terlihat di Masjid Jami Pemurus Dalam Banjarmasin yang telah dipenuhi jamaah, hingga meluber ke bagian teras masjid. Diperkirakan ada ribuan jamaah baik laki-laki maupun perempuan yang melaksanakan qiyamul lail. Menariknya, para jamaah sudah datang lebih awal menjelang tibanya shalat Maghrib. Bertindak sebagai imam shalat Tarawih adalah Ustadz H Ilham Humaidi.

Sementara, di Masjid Raya Sabila Muhtadin yang merupakan masjid terbesar dan menjadi pusat keislaman di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, umat Islam juga menyambut gembira kedatangan bulan suci Ramadhan. Mereka memadati masjid raya di pusat kota ini, yang mampu menampung 20 ribu jamaah ini. Shalat pun makin khusyuk, ketika bacaan ayat-ayat suci Alqur’an dilantunkan sang iman dalam ibadah malam ini dengan indah.

Begitupula, jamaah warga Nahdlatul Ulama (NU)  berdatangan di Masjid Universitas NU Kalimantan Selatan di Jalan Achmad Yani Km 13, Gambut, Kabupaten Banjar. Para aktivis muda hingga para ulama dan tokoh NU turut menghiasi malam awal Ramadhan ini dengan memperbanyak ibadah.

Ketua PWNU Kalsel HM Syarbani Haira berpesan kepada jamaah yang didominasi warga Nahdliyin dari IPNU, IPPNU, pengurus ormas Islam, kalangan civitas akademika dan masyarakat umumnya untuk mensyukuri kedatangan bulan yang dinanti umat Islam. Dalam pesannya, Syarbani Haira menegaskan agar seluruh umat Islam, khususnya warga Nahdliyin tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang saat ini tengah diuji dengan berbagai persoalan yang mendera.(jejakrekam)

Penulis  : Muji Setiawan

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Iman Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.