Asap Pabrik Rotan Dikeluhkan Warga Guntung Permai

0

ASAP yang membumbung tinggi saban hari harus dinikmati warga di sekitar pabrik pengasapan rotan milik Borneo Karya Makmur itu. Padahal pabrik itu berdiri hanya berbatasan tembok dengan pemukiman warga Komplek Guntung Permai Indah 1 RT  18/03, Kelurahan  Guntung  Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

KELUHAN warga pun terdengar. Sebab, saat pabrik melakukan aktivitas pengasapan rotan sejak pukul 07.00 pagi hingga 21.00  malam setiap harinya, maka sebaran asap dari pengasapan rotan disertai bau kimia tertentu langsung terhirup warga sekitar pabrik. Kondisi ini tentunya sangat meresahkan banyak warga disana. “ Kami sangat keberatan adanya dampak sebaran asap rotan ini. Jelas ini sebab sangat menggangu kesehatan,” ujar salah satu warga Komplek Guntung Permai Indah 1 Edy kepada jejakrakam.com, Kamis (25/5/2017)/

Didampingi Akmal yang juga warga komplek tersebut, Edy bercerita bahwa dua bulan silam warga telah melayangkan surat keberatan pada unsur pemerintah terkait, termasuk Polres Kota Banjarbaru. “ Memang pihak kepolisian sempat merepon dan mendatangi pabrik itu. Tapi, hingga sampai sekarang tidak ada kelanjutannya,” katanya.

Untuk itu, Edy menegaskanarga akan terus berjuang dan mempertanyakan apakah pabrik itu sudah memiliki izin yang sesuai, karena warga mengaku tak pernah menandatangi kesepakatan berdirinya pabrik pengasapan rotan itu.

“ Jangan-jangan dulunya izinnya hanya gudang, tapi ke depannya praktiknya dibikin pabrik, ini sangat tidak cocok. Lagi pula, komplek ini sudah lebih dulu ada, ketimbang pabrik itu,” tandas Akmal, sembari menambahkan. Mereka memastikan jika kondisi ini tak ada solusi, maka warga akan mengadu hal ini ke tingkat provinsi.(jejakrekam)

Penulis  : Igam

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Igam

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.