Papua Tak Siap, Kalselteng Didorong Tuan Rumah Porwanas

0

JIKA Papua masih belum siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) XIII Tahun 2019, Kalimantan Selatan dan Tengah berpotensi untuk menggantikannya. Meski, Lampung dan Jawa Timur menjadi alternatif tuan rumah ajang olahraga bagi para pewarta itu.

“BIASANYA Kalimantan Selatan kalau ditodong pasti mau dan siap. Saat semua Indonesia menyerah jadi tuan rumah Porwarnas tahun 2013, Kalimantan Selatan malah siap. Begitu juga ketika orang tidak siap jadi tuan rumah Hari Pers Nasional, Kalimantan Selatan lagi jadi penyelamat,” kata Wakil Ketua PWI Pusat Atal S Depari.

Hal tersebut dikemukakan mantan Pemimpin Redaksi HU Tabengan Palangkaraya itu, saat pembukaan acara Rakernas Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Ballroom Hotel Luwansa Palangkaraya, Sabtu (20/5/2017). Menurut Atal, , Kalimantan kalau diberi tanggungjawab untuk menjadi tuan rumah, tidak akan lari dari kepercayaan yang diberikan dan akan melaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

Namun, beber dia, hendaknya PWI tetap memprioritaskan Papua sebagai tuan rumah Porwarnas karena tidak sertamerta membatalkan Papua sebagai tuan rumah. Apalagi sejak jauh hari, Papua sudah lama menjadi wacana sebagai tempat pelaksanaan Porwarnas. Kecuali, jika memang ternyata Papua, masih tidak siap, baru bisa dibicarakan lebih lanjut dalam rakernas ini. Ia berharap hasil rakernas tidak hanya menghasilkan kepastian tuan rumah Porwarnas 2019, tetapi juga untuk pelaksanaan Porwarnas mendatang, semua wartawan sudah harus kompeten.

Sementara itu, Ketua Siwo Pusat, Radja Parlindungan Pane, mengatakan rakernas memang sangat penting, tidak hanya untuk mengevaluasi kinerja dan menyampaikan program kerja, tetapi dalam ajang ini juga akan menentukan tuan rumah Porwarnas 2019. Pasalnya, Papua belum sepenuhnya siap menjadi tuan rumah. Tetapi, Papua tetap diharapkan, bisa menjadi tuan rumah.

Ia menilai, Kalteng memiliki peran penting dalam Porwarnas. Pada 2016, di Bandung, Jawa Barat, Kalteng berada di peringkat 3, dengan meraih 4 medali emas, 4 perak dan 1 perunggu. Radja berharap jangan hanya tim olahraganya dari wartawan saja yang maju, tetapi SIWO PWI Kalteng bisa melahirkan juara, bukan hanya nasional tapi juga internasional. Sebab, menurutnya, melalui olahraga, dapat membantu pembangunan kota. Contoh saja Palembang, yang terkenal dengan kota yang dibangun karena olahraga. Awalnya sebagai tuan rumah PON, Sea Games, hingga tuan rumah bersama Asean Games 2018. Sebenarnya Kalteng mempunyai potensi bisa seperti Palembang.

Untuk pelaksanaan Asean Games, PWI Pusat, akan menjembatani seluruh wartawan dari Indonesia, agar bisa meliput di Jakarta dan Palembang. Sebab, belum tentu 50 tahun mendatang, Asean Games diselenggarakan di Indonesia. Sebanyak 5.500 media nasional dan internasional diprediksi akan terlibat dalam even olahraga tingkat Asia.

Ketua PWI Kalteng Sutransyah, mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya sebagai tuan rumah Rakernas SIWO dan mengaku siap jika dipercaya lagi untuk even tingkat nasional.(jejakrekam)

Penulis    : Tiva Rianthy
Editor      :  Didi G Sanusi
Foto         : Tiva Rianthy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.