Tokoh Balangan Minta DPRD dan Pemkab Kembali Harmonis

0

PARA tokoh Balangan yang tergabung dalam wadah Penerus Perjuangan Kabupaten Balangan (PPKB), Senin (15/5/2017) mendatangi kantor DPRD Balangan. Mereka menyampaikan kegundahannya terkait kasus dugaan penyimpangan APBD Balangan 2015 yang tengah disidik tim khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel.

KEDATANGAN para sepuh Bumi Sanggam ini diterima Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi, Wakil Ketua DPRD Balangan M Nor Iswan dan satu anggota DPRD Balangan H Eduarni Tarmidji. Di hadapan para wakil rakyat, Ketua PPKB Yusuf A mengungkapkan kedatangannya hanya ingin menyampaikan unek-unek kondisi Balangan saat ini.

Hal ini diakui Yusuf tak terlepas dengan dipanggilnya enam pejabat Pemkab Balangan, termasuk Ketua DPRD Abdul Hadi untuk dikorek keterangan terkait dugaan penyimpangan APBD Balangan mencapai Rp 6,8 miliar oleh Kejati Kalsel di Banjarmasin.

“Kami minta kepada dewan agar bisa mendorong permasalahan ini agar tidak melebar ke mana-mana. Biarkan proses hukum berjalan, tapi pemerintahan jangan terganggu, agar masyarakat luas tidak turut merasakan dampaknya,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD Balangan ini.

Yusuf juga turut urun saran, agar DPRD lebih memaksimalkannya fungsi pengawasan lebih baik lagi. Hal ini agar pemerintahan bisa berjalan dengan baik sehingga pembangunan juga berjalan dengan cepat. Selain itu, Yusuf mengatakan PPKB meminta hubungan antara legislatif dan eksekutif bisa berjalan lebih harmonis. Ini mengingat beberapa waktu terakhir beredar isu jika DPRD dan Pemkab Balangan tak akur lagi.

“Pemerintah dengan DPRD harus lebih besinergi dan selangkah sejalan dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Agar semua pelaksanaan kepemerintahan berjalan baik dan benar-benar mengabdi untuk kepentingan masyarakat, sesuai dengan tujuan awal berdirinya kebupaten Balangan,” tegas Yusuf.

Menyikapi aspirasi para tokoh itu, Ketua DPRD Balangan H Abdul Had berjanji akan berusaha melaksanakan saran para pejuang pembentukan  Kabupaten Balangan usai dimekarkan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tersebut. “Untuk lebih maksimal lagi apa yang menjadi saran para tokoh ini, kita akan melakukan pertemuan lanjutan minggu depan dengan menghadirkan pihak pemerinta daerah. Sehingga apa yang mejadi saran mareka ini bisa langsung diserap pemerintah daerah,”ungkapnya.

Ditanya terkait tidak harmonisnya dewan dengan pihak pemerintah daerah, Ketua DPC PPP Balangan menampiknya.“Kita harmonis-harmonis saja,” ujar Hadi.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.