Degradasi Lingkungan DAS Kalsel Akibat Ulah Manusia

0

ALAM rusak karena ulah manusia. Kondisi inilah yang dialami daerah aliran sungai (DAS) di Provinsi Kalimantan Selatan, akibat aktivitas seperti pembalakan liar, pertambangan dan sebagainya. Untuk melindungi itu, DPRD Kalsel menggunakan hak inisiatif merancang peraturan daerah (perda) pengelolaan DAS untuk diperkuat lagi demi penataan ulang dan pelestariannya.

INISIATOR raperda ini adalah Komisi III DPRD Kalsel yang membidangi, insfrastruktur dan pembangunan. “Melihat kondisi DAS yang cukup kritis  dan daerah sungai ini milik provinsi, makanya Komisi III menginisiasi terbentuknya perda ini,” ujar Sekretaris Komisi III, H Riswandi pada wartawan, usai rapat paripurna pengesahan perda penyertaan modal Bank Kalsel, dan perda penanggulangan bencana, di Rumah Banjar di Banjarmaisn, Senin (15/5/2017).

Ia menerangkan khusus perda pengelolaaan daerah aliran sungai ini, Kalsel memang tergolong terlambat dibanding 17 provinsi lain yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan, Kalsel lebih mendahulukan perda pengelolaan lingkungan hidup sebagai induknya. “Jadi, perda ini sangat penting. Kami berharap ke depan bisa bermanfaat bagi Kalsel,” kata legislator PKS ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia khusus (Pansus) Raperda Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), Pribadi Heru dalam paparannya dalam rapat paripurna DPRD yang dihadiri Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan menyebutkan, wilayah Kalsel, memiliki luas 3.691.507 hektare dengan 11 kabupaten dan 2 kota, dengan luas kawasan hutan 1.767.910 hektare, yang mana di dalamnya tidak berhutan seluas, 854.711 hektare.

Sedangkan, lahan kritsi 640.709 hektare. Sedangkan di wilayah Kalsel terbagi dalam 183 DAS. Yakni, 31 di antaranya dengan kriteria dipulihkan. Kemudian, tercatat sebanyak 550 titik kejadian banjir, dengan indek kualitas lingkungan hidup bertengger di urutan ke 26 dari 33 provinsi, dengan skor nilai 57.51.(jejakrekam)

Penulis  : Igam

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : KemenLHK

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.