Selama Tiga Hari Tiga Malam, Banjarmasin Gelar MTQ ke-49

0

DUTA lima duta kecamatan akan beradu keindahan dan ketetapan dalam membaca ayat-ayat kitab suci Alqur’an dalam MTQ Nasional XLIX  Tingkat Kota Banjarmasin yang digelar sejak 13-16 Mei 2017 di siring depan kantor Balai Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata.

PERSIAPAN untuk pembukaan MTQ ke-49 itu rencananya langsung dibuka Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. Sementara untuk perlombaan akan dihelat di beberapa tempat di Kecamatan Banjarmasin Timur.

Ketua Pelaksana MTQ ke-49 Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin mengungkapkan pada tahun ini tuan rumah dipercayakan kepada Banjarmasin Timur. “Penyelenggaraan akan efektif dimulai pada Sabtu (13/5/2017) sampai Selasa (16/5/2017). Sedangkan, untuk pembukaan secara resmi dipusatkan di siring Balai Kota Banjarmasin pada Sabtu (13/5/2017) malam,” kata Ahmad Muzaiyin kepada jejakrekam.com, di Banjarmasin, Jumat (12/5/2017).

Sebelum pembukaan, seluruh peserta dan masyarakat Banjarmasin akan menggelar pawai ta’ruf keliling kota. Baru pada malam Minggu, Walikota Ibnu Sina akan membuka perhelatan akbar ini yang dihadiri para peserta serta pejabat lainnya, tentu saja masyarakat umum.“Untuk tema MTQ kali ini adalah Tingkatkan implementasi nilai-nilai Alqur’an, Kayuh Baimbai menyuarakan Banjarmasin Baiman,” tutur Camat Banjarmasin Timur ini.

Ia menerangkan efektifnya perlombaan akan digelar selama tiga hari pada Minggu, Senin dan Selasa dengan 8 cabang lomba yakni tilawah, tahfidul Qur’an, syahril Qur’an (tafsir), khat atau kaligrafi Qur’an dan lainnya. “Untuk tempat penyelenggaraan memang dipusatkan di panggung utama siring kantor Balai Kota. Namun, pelaksanaan lomba disebar di beberapa masjid di Kecamatan Banjarmasin Timur,” ujar Muzaiyin.

Ia menyebut Masjid Al Hubaidiyah di Jalan Manggis,  Masjid Al Ikhwan Jalan Veteran, Masjid Muhammadiyah di Jalan Manggis, serta MTs Al Ikhwan dengan dua sesi waktu. Untuk pagi dan sore diperlombakan bagi qori-qoriah tingkat anak-anak dan remaja. “Sedangkan untuk golongan qori-qoriah dewasa digelar malam hari di panggung utama siring Balai Kota,” kata Muzaiyin.

Usai rangkaian perlombaan baca, tafsir dan tulis Alqur’an, Muzaiyin mengungkapkan rencananya pada Rabu (16/5/2017) malam bertempat di panggung utama juga dilakukan penutupan acara yang juga dilakukan Walikota Ibnu Sina, sekaligus pengumuman dan penyerahan tropi penghargaan serta hadiah kepada para pemenang MTQ ke-49 tersebut. “Jadi, dari hasil MTQ ini, siapa pun yang jadi pemenang akan mewakili Banjarmasin untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis   :  Asyikin

Editor     : Didi G Sanusi

Foto        :  Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.