Populerkan Senam Bugar Anak Indonesia, Perwosi Libatkan Murid dan Guru SD

0

LOBBY Balai Kota Banjarmasin pada Sabtu (13/5/2017) bakal dibanjiri para siswa sekolah dasar (SD). Mereka akan beradu kemahiran dalam lomba senam bugar anak Indonesia yang dihelat Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kota Banjarmasin. Ada tiga kategori yang akan dilombakan yakni kategori A diikuti 5 murid per sekolah dasar. Lalu, kategori B untuk lima peserta dari masyarakat umum, dan kategori C yang diikuti 3 murid SD dan dua guru.

KETUA Perwosi Kota Banjarmasin, Hj Siti Nursiah mengungkapkan lomba senam bugar anak Indonesia merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang pelaksanaannya diserahkan ke Perwosi Pusat. “Lalu, pada 1 April 2017 lalu, ada surat edaran dari Perwosi Kalimantan Selatan yang menindaklanjuti instruksi dari Perwosi Pusat. Atas surat edaran itu, kami pun menggelar lomba senam bugar,” ujar Hi Siti Nursiah kepada wartawan di Banjarmasin, Sabtu (6/5/2017).

Menurutnya, kegiatan lomba senam bugas ini merupakan langkah pertama dalam sosialisasi keberadaan olahraga masyarakat, karena para guru SD dan sejumlah instruktur senam juga mengikuti pelatihan. Untuk kelancaran lomba, Perwosi Kota Banjarmasin telah membentuk kepanitiaan yagn diketuai Hj Hasni. “Target dalam senam bugar ini adalah murid SD. Mengingat pada Mei 2017 ini, murid SD mengikuti UAN, makanya kami pro aktif bergerak untuk menggelar lomba senam bugar dengan sisa waktu yang ada,” tutur Nursiah.

Mantan humas PDAM Bandarmasih ini dari tiga kategori yang dilombakan itu semua melibatkan murid SD, guru serta sanggar senam yang ada di Banjarmasin. “Ini juga mendukung visi-misi Perwosi agar para wanita dan olahraga harus disinergiskan. Tujuan dari senam bugar ini untuk menyehatkan dan mencerdaskan anak,” ucapnya.

Dalam even lomba itu, Siti Nursiah juga mengungkapkan ada dikenalkan sejumlah permainan tradisional masyarakat Banjar tempo dulu seperti permainan asinan, bagasing, memukul kepala haruan serta permainan lainnya yang mengandung unsur olahraga dan membutuhkan konsentrasi.

“Ternyata, respon guru dan murid SD, serta masyarakat umum sangat bagus terhadap keberadaan senam bugas tersebut.  Hal ini tentu menambah semangat kami untuk terus mengenalkan senam bugar anak Indonesia agar dikenal luas masyarakat umum,” tambah Hasni. Untuk pemenang lomba senam bugar anak Indonesia akan mendapat piagam, trofi, serta hadiah, serta diikutkan dalam lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. “Pemenang lomba tingkat Provisi Kalimantan Selatan akan berlaga kembali ke tingkat nasional untuk memperebutkan tropi Ibu Negara,” tandas Hasni.(jejakrekam)

Penulis  : Muji Setiawan

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Muji Setiawan

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.