100 Persen Lulus, 201 Siswa SMAN 1 Paringin Dikukuhkan Bupati Balangan

0

SUASANA haru dan gembira tergambar dari raut wajah 201 siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Paringin. Satu per satu mereka dikukuhkan sekaligus dilepas Bupati Balangan H Ansharuddin, karena telah lulus sekolah tahun ajaran 2016/2017 di Aula Mayang Maurai, Paringin, Kamis (4/5/2017).

SAAT memberi sambutan, Bupati H Ansharuddin mengungkapkan masa pendidikan di SMA/SMK adalah jenjang pendidikan yang paling kritis dalam kehidupan pelajar. Ia mengatakan masa tersebut merupakan jembatan emas menuju pendidikan (sekolah) yang lebih tingi guna menentukan masa depan selanjutnya, artinya bagi siswa siswi yang berhasil lulus akan lebih leluasa dalam menentukan pilihannya pada perguruan tinggi terbaik. “Saya sangat senang, dengan apa yang disampaikan Kepala sekolah tadi bahwa siswa siswi SMAN 1 Paringin lulus 100 persen,” ujarnya.

Apalagi, menurut bupati, SMAN 1 Paringin adalah sekolah pertama yang ada di Bumi Sanggam sebelum Balangan menjadi sebuah kabupaten berdiri sendiri usai dimekarkan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). “Tentu, hal ini menjadi kebanggaan Balangan yang telah memberikan kontribusi yang tak diragukan lagi dalam hal pendidik. Setelah lulus ini, lanjutkan lagi ketingkat yang lebih tinggi (kuliah, red). Pemkab telah menyediakan beberapa buah asrama, baik itu di Banjarbaru, Banjarmasin, Yogjakarta dan di Malang serta beasiswa maka menfaatkan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Ada hal penting dan menggembirakan yang perlu disampaikan, ucap mantan Wabup Balangan dua periode ini, yaitu bagi siswa siswi yang berhasil meraih prestasi juara atau peringkat I, II dan III semua jurusan akan mendapatkan biaya kuliah selama 4 tahun dari pemerintah kabupaten.

“Sesuai visi misi kami meningkat SDM, kami akan memberikan penghargaan kepada para siswa siswi  yang berprestasi (juara I, II dan III) untuk mendapatkan biaya kuliah selasa 4 tahun (gratis, red), namun dengan persyaratan prestasinya jangan penurun,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Balangan ini disambut dengan aplus para siswa dan orang tua wali murid yang berhadir.

Sebelumnya, Kepala SMAN 1 Paringin, Faturrahman Batumandi melaporkan, perpisahan dan pengukuhan 201 siswa siswi SMAN 1Paringin ini terdiri dari dua jurusan yakni, IPS dan IPA. Selain lulus 100 persen, menurut Faturrahman, sekolahnya juga mendapat urutan 42 besar dari 201 sekolah SMA se Kalsel berdasarkan hasil UN beberapa waktu lalu. “Kami memang berkomitmen menghasilkan lulusan yang terampil, kreatif, mandiri, beriman dan berdaya saing dan ini telah dibuktikan,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Sugianoor

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.