Kabupaten HSU Percepat Wujudkan Daerah Layak Anak

0

TINGGAL selangkah lagi, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) segera menjadi kabupaten layak anak di Kalimantan Selatan. Ini ditandai dengan kehadiran tim evaluasi dan verifikasi dari verifikasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI di Gedung Arsip Lantai II Pemkab HSU, Amuntai, Rabu (3/5/2017).

SAAT menyambut kedatangan tim khusus ini, Bupati HSU H Abdul Wahid HK mengatakan dalam mewujudkan kabupaten layak anak dalam penilian admistrasi mendapatkan nilai yang baik 700, sehingga lolos ke tahapan selanjutnya yakni verifikasi di lapangan.

Menurut Wahid, banyak hal yang sudah dilakukan Kabupaten HSU dalam mempercepat terwujudnya kabupaten layak anak. “Kabupaten HSU sudah membuat peraturan daerah (perda), dan peraturan bupati tentang perlindungan anak,” ujar mantan wartawan ini.

Selain itu, kata dia, sudah pembentukan kelembagaan, forum anak, menjalin mitra dengan SOPD dan stakeholder lainnya dengan melakukan kampaye, imbauan, sosialisasi dan penyuluhan tentang kabupaten layak anak juga telah dilakukan baik ke masyarakat, sekolah dan media massa.

Mantan Ketua DPRD HSU, daerah berkomitmen dalam mewujudkan kabupaten layak, mewujudkan kabupaten layak anak adalah sebuah keharusan. “Ini sudah menjadi keharusan bagi kita, bekerjasama dan bersinergi untuk mewujudkan kabupaten layak anak,” katanya

Sementara, tim evaluasi dan verifikasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Anisah mengapresiasi terhadap apa yang telah dilakukan Pemkab HSU dengan mewujudkan kabupaten layak anak merupkan hak anak dalam mendapatkan hak-hak dan perlindungan.

“Kami sangat berharap Pemkab HSU dalam membangun agar tetap memperhatikan hak anak, sehingga apa yang menjadi hak anak dapat terpenuhi. Apa yang dilakukan Pemkab HSU sudah baik, tinggal mengevaluasi kemungkinan yang perlu diperbaiki,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis : Muhammad Yusuf

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Instagram

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.