Ribuan Buruh di Banjarmasin Ramaikan Mayday dengan Jalan Sehat

0

SEDIKITNYA 4.000 buruh meramaikan Mayday dengan jalan sehat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Aktivitas bersama ini mengganti unjuk rasa yang selalu identik dengan peringatan Hari Buruh se-Dunia bertajuk Bersama Gelorakan Rakyat (Bergerak) melalui Peringatan Mayday Tahun 2017, Kita Bangun Hubungan Industrial Yang Harmonis, Dinamis, Berkeadilan.

KEGIATAN yang berlangsung tepat di Hari Buruh di Jalan Jafri Zam-zam, depan Hotel Valeria Banjarmasin Barat, dihadiri Sekdap Provinsi Kalsel H Abdul Haris Makkie, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kalsel Antonius Simbolon, Ketua Apindo Kalsel DR H Supriadi, Kepala BPJS Kesehatan dr I Nyoman Wiwiek, Kepala BPJS TK Ramadhan Sayo, Ketua KSPSI Kalsel H Sadin Sasau, dan sejumlah undangan lainnya, Senin (1/5/2017) pagi.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Haris Makkie mengapresiasi acara jalan sehat yang digagas serikat pekerja dan asosiasi pengusaha dalam perayaaan Hari Buruh 1 Mai 2017. Ia berharap, lewat peringatan Hari Buruh, seluruh pengusaha di Kalsel wajib memberikan perlindungan, kerja bagi para buruh, lewat pemberian jaminan kesehatan dan hari tua dengan mendaftarkan para buruh kepada BPJS ketenagakerjaan serta BPJS Kesehatan.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kalsel Sadin Sasau, menyampaikan terima kasih kepada Apindo, dan Pemprov Kalsel telah mendukung pelaksanakan kegiatan aksi jalan sehat menyambut Hari Buruh se-Dunia 1 Mei 2017.

“Hari pekerja adalah adalah bukan hari harus dengan turun ke jalan untuk aksi demo. Tapi hari di mana kita bangun kebersamaan dan kemitraan. Manakala ada masalah dengan pekerja, itu ada jalur tempuh lainnya. Para pengusaha seperti Apindo wajib untuk ikutsertakan para pekerja dalam program BPJS Ketenagakerjaan bersama perusahaan. Program BPJS yakni kecelakaan kerja, pensiun dan masa tua. Kemudian, harus diikutsertakan pekerja dalam asuransi program tersebut,” tuturnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalsel Dr H Supriadi mengakui, pihaknya sangat mendukung semua kegiatan serikat pekerja. “Semua aktivitas positif serikat pekerja selalu kami dukung, agar iklim investasi di Kalimantan Selatan semakin kondusif,” ucapnya. Dia meminta, pemerintah juga mempersiapkan para pekerja lewat pelatihan sehingga mampu bersaing di era pasar bebas.

Terkait jalan saantai peringatan Hari Buruh, Supriadi memastikan para pengusaha mampu memberikan hak yang benar kepada para pekerja. “Saya kira jalan sehat ini dalam rangka kepedulian pada buruh untuk kebersamaan. Dan para pengusaha harus memperhatikan semua hak pekerja secara optimal. Kegiatan ini harus kita apresiasi dan dukung secara optimal,” imbuhnya.

Dalam kesempatan jalan sehat itu, panitia memberikan doorprize (sepeda motor, sepeda, dan undian lainn) yang cukup banyak kepada peserta yang mengikuti dengan melintasi Jalan Jafri Zam-zam, Jalan Cenderawasih, Jalan Belitung, dan lainnya.(jejakrekam)

Penulis   : Afdi NR

Editor     : Afdi NR

Foto        : Afdi NR

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.