Masih Banyak Rangkap Jabatan, Serapan Anggaran Hanya 28 Persen

0

SERAPAN anggaran dalam APBD Kalimantan Selatan tahun 2017, hingga April ini ternyata baru mencapai 28 persen. Makanya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pun mendesak jajarannya agar bekerja lebih cepat, namun tak mengurangi kualitas kinerja, sehingga serapan anggaran bisa sesuai dengan harapan.

“KITA ingin agar kinerja kita bisa bergerak lebih cepat lagi, sehingga anggaran bisa terserap dan tak menumpuk di akhir tahun saja,” ujar Sahbirin Noor kepada wartawan, usai melantik beberapa pejabat baru di lingkungan Pemprov Kalsel di Banjarbaru, Jumat (28/4/2017).

Ia menegaskan tugas sepenuhnya itu berada di tangan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) atau dinas-dinas agar bergerak cepat dalam bekerja sesuai program dan kegiatan yang ada. Paman Birin-begitu biasa ia disapa tak memungkiri kekosongan sejumlah pimpinan pada OPD turut menjadi kendala. Sebab, konsolidasi menjadi kurang optimal, karena ada beberapa pejabat yang masih rangkap jabatan. “Karena itu melalui pelantikan beberapa pejabat tadi, saya harap dapat memaksimalkan kinerja pemerintahan lagi,” cetus Paman Birin.

Didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel HA Haris Makkie, Paman Birin melantik dua pejabat eselon II yakni H Hawari dari sebelumnya Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik bergeser menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan. Kemudian, Muhammad Amin yang sebelumnya Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengisi posisi yang ditinggalkan Hawari.

Kemudian, ada 15 pejabat lainnya yang dirotasi terdiri dari pejabat administrator dan pengawas yakni Hairi Munawarisno, Nazarudin Al Haidar, Amir Sahlan Pembina, Miftahul Chair, Nancy AR, Syafrudi Zuhri, Muhammad Rizal, Akhmad Fauzi, Hj Martina, Suhartatik. Para pejabat ini sebelumnya Kasubag Anggaran dan Perencanaan Sekretariat DPRD Kalsel, dimutasi menjadi Kasie Pengembangan Media dan Bahan Pembelajaran Non Formal dan Informasi di Disdikbud Kalsel dan diisi rekannya, Agustina Niswanti. (jejakrekam)

Penulis   : Igam

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       :  Igam

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.