Dirgahayu

Disdikbud Kalsel Distribusikan 856 Boks Materi UNKP SMP Sederajat

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan mulai mendistribusikan materi ujian nasional kerta pensil (UNKP) SMP sederajat, Rabu (26/4/2017). Kali ini, merupakan distribusi tahap kedua, setelah sebelumnya distribusi untuk Kabupatan Tanah Bumbu dan Kotabaru, Sabtu (15/4/2017).

DISTRIBUSI tahap dua ini, untuk 11 kabupaten – kota yang ada di Kalimantan Selatan. Total ada 856 boks materi UNKP SMP sederajat yang didistribusikan ke Kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Kemudian, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Sekretaris Disdikbud Kalsel, Dahnial Kifli, usai pendistribusian dari Kantor Pos Banjarmasin mengatakan, distribusi dilakukan dua tahap atas perimbangan jarak tempuh. Untuk Tanah Bumbu dan Kotabaru, diprioritaskan distribusi lebih awal, karena jarak tempuhnya cukup jauh dari Banjarmasin.

“Apalagi, untuk Kotabaru, banyak kecamatan yang berada di pulau-pulau kecil. Untuk menuju ke sana, sebagian besar masih menggunakan jalur transportasi air,” kata Dahnial.

Diharapkan, menurut Dahnial, dengan distribusi yang dilakukan dua tahap ini, seluruh materi UNKP SMP sederajat di Kalsel, tiba tepat waktu di kabupaten kota masing-masing. Menurut Dahnial, sebelum dibagikan ke masing-masing sekolah saat pelaksanaan UNKP, materi berupa lembar soal dan jawaban tersebut, didrop dan disimpang di kantor polisi. Mulai dari Polres setempat, dilanjutkan ke polsek-polsek terdekat dengan sekolahan.

Sebelum didistribusikan saat pelaksanaan, materi ujian ini, khususnya lembar soal, diperiksa lebih dulu. Sehingga, bila terjadi kekurangan, maka bisa segera dilengkapi oleh perusahaan percetakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

UN SMP sederajat, baik UNKP maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), digelar tanggal 2,3,4 dan 8 Mei 2017. Untuk SMP pelaksana UNKP sebanyak 959 sekolah. Sedangkan yang melaksanakan UNBK sebanyak 156 sekolah.(jejakrekam)

Penulis   : Deden

Editor     : Deden

Foto        : Iman Satria