Dirgahayu

Nama Bakhtiar Sanderta Kini Menghiasi Panggung Terbuka Taman Budaya

PARA seniman dan budayawan yang ada di Kalimantan Selatan menyambut gembira, ketika usulan penamaan panggung terbuka yang ada di Taman Budaya di Jalan Brigjen H Hasan Basri ini dengan maestro seni Banua, Bakhtiar Sanderta, telah diakomodir dan diresmikan Pemerintah Provinsi Kalsel.

USULAN ini diakomodir Pemprov Kalimantan Selatan atas panggung terbuka yang biaya pembangunannya ditanggung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, setelah diresmikan pada Sabtu (22/4/2017) oleh Gubernur H Sahbirin Noor serta perwakilan Dirjen Kesenian Kemendikbud RI.

Budayawan Kalsel, YS Agus Suseno mengaku gembira karena surat terbuka yang dilayangkan kepada Gubernur Sahbirin Noor ternyata diakomodir, sehingga masyarakat Banua bisa mengenal jasa seorang Bakhtiar Sanderta dalam menghidupkan dan mengharumkan seni budaya daerah ke tingkat nasional.

Hal senada juga dilontarkan Kepala Taman Budaya Kalsel, Fahrurazie. Ia berharap panggung terbuka Bakhtiar Sanderta itu akan menjadi sarana pelestarian, pengelolaan kesenian dan kebudayaan daerah.

“Panggung ini diberi nama Bakhtiar Sandera demi mengenang tokoh budayawan Kalsel yang gigih semasa hidup membina dan melestariakn kesenian dan kebudayaan Banua,” cetusnya.

Fahrurazie mengungkapkan sosok Bakhtiar Sanderta termasuk dalam 27 maestro seni tradisi yang mendapat penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia, karena dedikasinya menjaga, memelihara serta mewariskan teater tradisi Banjar, wayang gung serta mamanda pada 2008.

Di era Gubernur Kalsel HM Said dan diteruskan Gusti Hasan Aman, Bakhtiar Sanderta ternyata selama 10 tahun menjadi Kepala Taman Budaya Kalimantan Selatan sejak periode 1989-1999. Menariknya, di era Bakhtiar Sanderta, kesenian daerah sangat hidup sehingga namanya pun melegenda dan mendapat penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Sangat layak jika nama beliau untuk terus dikenang, sehingga diabadikan menjadi nama panggung terbuka di Taman Budaya Kalsel ini. Ini bentuk penghargaan kita terhadap sosok Bakhtiar Sanderta yang punya semangat berkesenian daerah yang tinggi dan bisa diwariskan ke generasi selanjutnya,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis    :  Didi G Sanusi

Editor      :  Didi G Sanusi

Foto         :  Dokumentasi YS Agus Suseno