Ayo Pasarkan Produk Anda Lewat Situs Plazakalsel.com

0

PEMASARAN produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, termasuk koperasi menjadi atensi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan. Melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kalsel telah membuat saluran untuk memasarkan produk daerah untuk menembus pasar nasional, bahkan internasional.

SALAH satu upaya penunjang tersebut adalah dengan adanya marketplace dalam bentuk website, yaitu www.plazakalsel.com. Dengan adanya sistem online tersebut bisa menjangkau lebih luas.

Secara resmi marketplace ini sudah diluncurkan secara simbolis, Kamis (20/4/2017) di halaman Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kalsel. Sebelumnya Dinas Koperasi dan UKM juga meluncurkan marketplace, yaitu
banjarbaru-mall.com dan banjarmasin.mall.com.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel, Gustafa Yandi, marketplace tersebut untuk menunjang penjualan produk-produk buatan UMKM di daerah. Saat ini, beber dia,, jumlah UMKM yang bergabung di plazakalsel.com sudah lebih dari 100. Sementara untuk produk yang terdaftar sudah 115 dan terus akan bertambah.

“Nah, pengelolaan marketplace ini dibantu oleh rekan-rekan yang tergabung dalam Kalsel Kretif Forum (KKF). Mereka akan membantu pengelolaan produk dan manajemen marketplace. UMKM tinggal menyediakan barang atau jasa yang berkualitas dan pemenuhan pemesanan tepat waktu,’’ beber mantan Kepala Dispenda Kalsel ini.

Gustafa Yandi menambahkan, plazakalsel.com terbuka bagi UMKM. Kalau mau bergabung bisa langsung datang ke Dinas Koperasi dan UKM Kalsel. “Syaratnya sangat gampang, cukup mengisi formulir yang sudah kami sediakan, pelaku UMKM menyampaikan deskripsi produk dan memperlihatkannya. Setelah itu, kami akan foto produk tersebut dan langsung kami posting di website,’’ jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kalsel tersebut. “Ini adalah inovasi baru bagi pemerintah provinsi untuk meningkatkan daya saing dengan pasar online. Saya ingin inovasi ini terus dikembangkan dan ciptakan lagi inovasi-inovasi baru,’’ tandasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Wan Marley

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Banjarmasintribunnews.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.