Jaring Bibit Pesepakbola Kalteng Lewat Kompetisi Antar Pelajar

0

LAPANGAN Sanaman Mantikei Palangkaraya pada 4-12 Mei 2017 bakal menjadi saksi kompetisi kejuaraan sepakbola Piala Gubernur yang akan diikuti pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat se-Kalimantan Tengah.

“PENDAFTARAN dimulai dari tanggal 20 April sampai 2 Mei 2017, di Aula Dispora Kalteng dan tidak dipungut biaya pendaftaran,”kata Kepala Seksi Promosi Olahraga dan Olahraga Prestasi, Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Tengah, Trimanuel, di Palangkaraya, Rabu (19/4/2017).

Ia menerangkan persyaratan peserta adalah sekolah yang menjadi juara pada kejuaraan sepak bola pelajar tingkat kabupaten/kota. Setiap tim terdiri 18 pemain dan 5 ofisial. Seluruh pemain yang didaftarkan harus berasal dari sekolah yang sama.

“Pemain merupakan siswa yang tercatat belajar aktif di sekolah sesuai dengan nama yang didaftarkan. Sekolah peserta tidak boleh memainkan pemain yang bukan siswanya. Usia peserta SMP sederajat, maksimal 18 tahun atau lahir tahun 2003 yang merupakan peserta didik kelas VII dan VII. Sedangkan SMA sederajat, usia maksimal 18 tahun atau lahir tahun 1999, siswa kelas X dan XI,” tuturnya.

Trimanuel menjelaskan tujuan dari even tersebut, untuk menjadikan sepakbola sebagai bagian dari program pendidikan.  Terutama, membentuk dan membangun karakter anak bangsa yang sehat jasmani, watak serta budaya unggul bangsa melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam sepakbola. Kemudian, menemukan talenta-talenta muda sepakbola untuk dibina dan dilatih sebagai persiapan jangka panjang pilar tim nasional menuju piala dunia.

Selanjutnya, beber dia, menawarkan alternatif profesi bagi anak bangsa dalam industri sepakbola serta mengembangkan dan menjaga sepakbola usia muda yang terarah, terpadu, berjenjang dan berkesinambungan.”Piala Gubernur ini diharapkan menjadi jawaban atas sinergi kesuksesan sepakbola dan prestasi akademik para olahragawan sepakbola di Kalteng,”imbuh Trimanuel.(jejakrekam)

Penulis   : Tiva Rianthy

Editor    :  Didi G Sanusi

Foto       :  Cacinggg blogger

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.