Tumbuhkan Budaya Literasi, Ansharuddin Canangkan Gerakan Balangan Membaca

0

BUDAYA literasi di Kabupaten Balangan masih rendah, memicu Bupati Ansharuddin langsung mencanangkan Gerakan Balangan Membaca. Untuk menumbuhkan minat baca, di sela kegiatan Balangan Membudaya di Taman Sanggam, Paringin, Bupati Ansharuddin bersama Kepala Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Balangan, Syarif Ubaidillah mencanangkan program tersebut, Senin (17/4/2017).

KEPALA Dinas Perpusda Kabupaten Balangan, Syarif Ubaidillah mengatakan untuk menyokong gerakan tersebut, penambahan beberapa perpustakaan kecamatan dan desa ditingkatkan. Dengan mendatangi warga lewat mobil perpustakaan keliling untuk menjangkau masyarakat pedalaman.

“Sasarannya tidak hanya perpustakaan desa. Tapi dengan sekolah, perpustakaan keliling, internet keliling. Kita akan dekatkan ke masyarakat,” ujar Ubai. Menurutnya, Perpusda Balangan juga memberikan bimbingan teknis kepada pengelola perpustakaan. “Kami terus memberikan pengarahan kepada perpustakaan desa agar semakin menarik minat masyarakat untuk membaca,” paparnya.

Bupati Balangan H Ansharuddin, dalam arahannya mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan membaca. Untuk itu, pengelolaan perpustakaan di Balangan diminta meningkatkan pelayanan, sehingga bisa meningkatkan minat pembaca.”Budaya membaca ini baik. Tapi di kalangan anak-anak sedikit berkurang karena perkembangan permainan individual,” ujarnya.

Bupati meminta agar Dinas Perpusda Balangan agar melakukan pemaksimalan pengeloaan perpustakaan baik dari pengelolaan maupun pelayanan kepada masyarakat. “Selain itu juga mendidik sumber daya manusia (SDM) pengelola perpustakaan guna meningkatkan pelayanan. Memang tidak mudah untuk mengajak orang untuk membudayakan membaca. Tapi bukan berati tidak bisa, sehingga harus dilakukan terus menerus,”tandasnya.(jejakrekam)

Penulis   : Sugianoor

Editor     : Didi G Sanusi

Foto        : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.