Latih Tenaga Kerja Lokal, Perusahaan Harus Peduli Daerah

0

PERUSAHAAN yang beroperasi di Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, sudah sepatutnya memperhatikan aspirasi masyarakat lokal. Sebab, keberadaan korporasi itu tak terlepas dari tujuan awalnya untuk memberi kesejahteran dan kemajuan bagi masyarakat daerah, tempat perusahaan itu beroperasional.

ANGGOTA DPRD Barito Selatan, H Akhmadi Duah mengingatkan agar perusahaan yang ada di wilayah kabupaten ini sudah sepatutnya harus proaktif dan peduli dengan persoalan daerah. “Makanya, perlu sinergitas antara perusahaan, masyarakat dan pemerintah daerah agar terbangun harmonis,” ujar Akhmadi Duah kepada jejakrekam.com, di Buntok, Senin (17/4/2017).

Ia menilai selama ini, banyak perusahaan justru belum begitu optimal menggandeng pemerintah daerah, terbukti masih ada yang belum melaporkan masalah ketenagakerjaan, termasuk ke DPRD Barito Selatan.

“Kami terus mendorong agar perusahaan yang ada memaksimalkan warga lokal dalam perekrutan tenaga kerja. Ini demi menghindarkan terjadinya kecemburuan sosial di tengah masyarakat,” tutur Akhmadi.

Menurutnya, kepedulian itu bukan hanya dengan menggelontorkan dana sosial kepada masyarakat  lewat program CD dan CSR. “Namun, harus  mempekerjakan tenaga lokal dengan meningkatkan skill yang sesuai kebutuhan perusahaan,” ucap Sekretaris DPC PDIP Barito Selatan ini.

Masih menurut Akhmadi,  dengan strata pendidikan yang masih minim, khususnya di kalangan masyarakat desa, tentu saja sumbangsih perusahaan sangat dibutuhkan dalam mendongkrak keterampilan mereka. “Di sini juga diperlukan peran pemerintah daerah dalam menggelar kursi atau pembinaan dalam mencetak tenaga kerja lokal yang memiliki keahlian dan memenuhi pasar kerja perusahaan yang ada di Barito Selatan,” pungkas Akhmadi.(jejakrekam)

Penulis   :  Digdo

Editor     :  Didi G Sanusi

Foto        :  Digdo

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.