Juni-Agustus, Kalsel Memasuki Awal Musim Kemarau

0

AWAL musim kemarau 2017 di Provinsi Kalimantan Selatan diperkirakan mulai Juni 1 – Agustus 1 (awal Juni – awal Agustus). Apabila dibanding dengan rata-rata awal musim kemarau periode 1981-2010, maka musim kemarau 2017 di Provinsi Kalsel diperkirakan mundur (lebih lambat) dari rata-ratanya.

SIFAT hujan selama musim kemarau 2017 di Provinsi Kalsel secara umum normal, kecuali daerah Batola dan sekitarnya, serta Kotabaru daratan diperkirakan bawah normal. Sedang daerah Kalsel bagian tengah seperti Tabalong dan Balangan bagian utara diperkirakan atas normal. Kemudian, daerah Tanah Laut bagian selatan dan Tanah Bumbu bagian selatan disebut daerah non zona musim, karena tidak jelas perbedaan antara musim hujan dan musim kemarau.

“Musim kemarau sekarang ini tidak ada yang cepat, melainkan mundur 20 hari, namun tetap waspada di Kalsel,” kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guruh Ciptanto dalam keterangan pers yang diterima jejakrekam.com, Jumat (7/4/217).

Menurut Guruh, pada April 2017 umumnya anomali SST cenderung dingin di wilayah perairan Indonesia, kecuali di perairan sebelah timur Papua dan di sekitar selat Malaka yang cenderung hangat.

Terkait cuaca dan iklim, dia mengungkapkan, analisis prediksi ENSO (pemuktahiran DAS I April 2017, dimana analisis ENSO pada Pebruari 2017 normal, dan predisi ENSO untu BMKG pada April-Mei 2017 normal, dan Juni-September 2017 El Nino. “El Nino terdapat pengurangan curah hujan di wilayah Indonesia,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis  : Afdi NR

Editor   :  Didi G Sanusi

Foto     :

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.