Sekumpul Memutih, Penuh Lautan Umat Pencinta Abah Guru

0

TAKZIM. Salam takzim dipanjatkan para pencinta Al Arif Billah Maulana Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghoni Al Banjary saat menghadiri haulan ke-12 pada Sabtu (1/4/2017) hingga Ahad (2/4/2017) yang bertepatan 4-5 Rajab 1438 Hijriyah memenuhi Kompleks Ar Raudhah, Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

SEJAK pagi para jamaah dari berbagai wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur sudah memenuhi area Sekumpul, Jalan Achmad Yani, Martapura. Makanya, para jamaah dari arah Hulu Sungai diatur untuk kawasan parkirnya di Pusat Perbelanjaan Sekumpul (PPS), Menteri Empat, Jalan Abasia, Gedung Juang dan lainnya. Sedangkan, dari arah Banjarmasin diminta parkir di areal depan Sekumpul, Polres Banjar, Jalan Perintis, Jalan Perwira, Jalan Kompleks Pangeran Antasari, dan sekitarnya.

Pengaturan jalan juga diberlakukan bagi asal jamaah untuk menghadiri puncak dari peringatan haul ke-21 Guru Sekumpul yang dikenal sebagai ulama kharismatik di Kalimantan Selatan ini. Terkhusus lagi bagi tamu-tamu VIP yang disiapkan areal parkirnya di Jalan Alaban parkir di depan AZ Chicken.

Tak hanya di lapangan, di dunia maya khususnya di akun-akun facebook (FB) telah meramaikan jagat media sosial. Muhammad Bulkini, kru jejakrekam.com pun melaporkan bahwa sejak pagi, menjelang shalat Zuhur dan selepas shalat Ashar, sudah ribuan jamaah yang datang dengan mengenakan busana muslim dominan putih-putih.

“Jamaah yang banyak berdatangan dari berbagai penjuru, tak hanya dari Kalsel, tapi juga dari luar daerah membuktikan besar cinta Abah Guru dengan umat Rasulullah SAW. Sebab, beliau pernah berkata seberapa kita cinta, segitu juga orang akan sayang,” tutur Bulkini, di Martapura, Sabtu (1/4/2017).

Begitu pula, Rahmat Hidayat, warga Jalan Sekumpul, Martapura ini mengungkapkan sejak beberapa hari yang lalu sudah dipersiapkan secara matang untuk peringatan haul Guru Sekumpul tersebut. Hal ini ditandai dengan dipasangnya umbul-umbul di sepanjang Jalan Sekumpul, bahkan hingga ke ruas Jalan Achmad Yani yang poros utama akses bagi para jamaah dari arah Banjarmasin dan Hulu Sungai.

“Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, yang pasti ratusan ribu jamaah, bahkan bisa jutaan orang yang akan memenuhi kawasan Kompleks Ar Raudhah, Sekumpul, Martapura,” ujar anggota Majelis Taklim Khairus Syabab Banjarmasin ini.

Ia mengaku seluruh jamaah yang berhadir rata-rata adalah murid Syekh Zaini Abdul Ghoni, serta para pencintanya yang selama ini masih merindukan sosok sang pembimbing rohani dan keagamaan ini. “Saya sendiri tak pernah lupa untuk menghadiri haulan beliau. Saya tak bisa mengisahkan betapa mendalamnya kecintaan kami kepada beliau. Mencintai beliau ini bagi kami adalah menjalankan ajaran Rasulullah SAW. Sebab, dari beliaulah kami diajarkan untuk mencintai Allah SWT dan Rasul-Nya, serta menghidupkan sunah-sunah Rasulullah SAW, serta mencintai umat Islam serta sesama manusia,” kata jebolan IAIN Antasari Banjarmasin ini.(jejakrekam)

Penulis   : Didi G Sanusi

Foto        : Bulkini

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.